SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KOTA BANDAR LAMPUNG SEMOGA BISA MEMBERIKAN INFORMASI YANG BERMANFAAT

--

Selamat Datang di Website Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung

Website ini disediakan sebagai pusat media informasi khususnya dunia Pendidikan untuk wilayah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung. Pengelolaan yang disediakan dalam website ini meliputi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) seperti NISN,  NPSN dan NUPTK. NISN adalah Nomor Unik Siswa Secara Nasional, NPSN adalah Nomor Pokok Sekolah secara Nasional sedangan NUPTK adalah Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan secara Nasional. Selain data dimaksud juga disediakan Informasi berupa Berita Perkembangan dan Kegiatan serta Agenda terkait dengan dunai Pendidikan di Kota Bandar Lampung. Kami mengharapkan ada masukan berupa saran guna pengembangan web ini dengan memberikan komentar pada kontak Post Comment di setiap konten yang tersedia

Semoga dengan hadirnya website ini dapat memberikan informasi layanan yang akurat dan akuntabel bagi dunia pendidikan khususnya di Kota Bandar Lampung.

Salam

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung

 

Ir. DANIEL MARSUDI

Verval GTK

Sistem aplikasi Verval GTK digunakan untuk memvalidasi data master GTK dan juga untuk memproses penerbitan NUPTK bagi GTK yang sudah memenuhi persyaratan. Sistem aplikasi ini melibatkan operator-operator Sekolah, Disdik, Ditjen GTK, dan PDSPK. Bagi anda yang sudah terdaftar di Jaringan Pengelolaan Data Kemendikbud (sdm.data.kemdikbud.go.id) dapat mengoperasikan sistem aplikasi ini. Silakan klik disini bila anda akan mengoperasikannya.

Penerbitan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) merupakan bagian dari pengelolaan master referensi pendidik dan tenaga kependidikan sejalan dengan permendikbud Nomor 79 tahun 2015 bahwa penerbitan dan pengelolaan master referensi pendidikan merupakan tugas Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK).

Petunjuk pelaksanaan penerbitan NUPTK ini bertujuan untuk memberikan acuan kepada semua pihak yang terlibat agar memiliki pandangan yang sama dalam memahami peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 tahun 2018 tentang petunjuk teknis penerbitan NUPTK. Mekanisme penerbitan NUPTK yang sudah berjalan sampai saat ini adalah Operator sekolah memastikan PTK yang akan diajukan agar diberikan NUPTK terdata dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sebagai calon penerima NUPTK serta melampirkan dokumen yang dibutuhkan, Dinas pendidikan memverifikasi dan validasi dokumen yang dilampirkan pada saat pengajuan NUPTK dari segi legalitas dan keabsahan dokumen yang dilampirkan, LPMP memastikan kembali kesesuain dokumen yang dilampirkan, dan PDSPK memverikasi ulang dokumen yang dilampirkan apabila sudah sesuai maka segera diterbitkan NUPTK.

Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang sudah berpatisipasi dalam menyusun petunjuk pelakasanaan penerbitan NUPTK ini, sehingga dihasilkan buku petunjuk pelaksanaan ini yang dapat mempermudah dalam penerbitan NUPTK.

Download Juknis Pengajuan NUPTK

Cetak Status NUPTK

LIHAT NPSN SD_SMP

LIHAT NPSN PAUD

 

Silahkan Download Formulir Pengajuan NPSN Baru disini

Ajukan Online Melalui menu Form Online

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Pada saat ini kita telah memasuki Tahun Ajaran Baru 2019/2020, sekolah telah melakukan proses periodikal pembelajaran mulai dari proses kelulusan siswa, kenaikan tingkat dan juga penerimaan siswa baru. Semua proses periodikal yang dilaksanakan tersebut tentunya harus diikuti dengan pemutakhiran data pada sistem pendataan Dapodik. Untuk persiapan melakukan pemutakhiran data Tahun Ajaran Baru 2019/2020, ada beberapa hal untuk diperhatikan:

1. Data siswa baru kelas 1, 7, dan 10 diinput kedalam Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 yang digunakan untuk input data Semester 1 Tahun Ajaran 2019/2020.

2. Proses kelulusan untuk siswa tingkat akhir, yaitu kelas 6, 9 dan 12 akan dilakukan oleh Admin Dapodik Pusat secara otomatis oleh sistem. Jadi operator Dapodik Sekolah TIDAK DIPERBOLEHKAN melakukan proses kelulusan pada Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019.e.

3. Sekolah TIDAK DIPERBOLEHKAN menambahkan data siswa baru dan data siswa naik kelas di Tahun Ajaran 2019/2020 pada Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019.e. Proses memasukkan data siswa baru Tahun Ajaran 2019/2020 dilakukan menggunakan teknik tarik data online melalui Manajemen Sekolah Dapodikdasmen setelah Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 dirilis.

4. Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 saat ini sedang dalam tahap pengujian, dan direncanakan akan dirilis pada awal Agustus 2019.

5. Sinkronisasi menggunakan Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019.e masih dibuka untuk melakukan perbaikan data Semetser 2 Tahun Ajaran 2018/2019 sampai dengan akhir Juli 2019. 

Demikian informasi yang kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu serta teman-teman operator sekalian, kami ucapkan terima kasih. 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Salam Satu Data,
Admin Dapodikdasmen

 

Berita Walikota

Bandar Lampung - Walikota Bandar Lampung Drs. Herman HN, melakukan gerakan aksi Peduli Kampus, aksi peduli kampus ini, dilakukan bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Daerah POLDA Lampung beserta seluruh Perwakilan OPD Pemrintah Kota Bandar Lampung. Kegiatan Peduli Kampus saat ini dilaksanakan di seputar GSG UNILA, pada hari Rabu (16/10/2019).

Selain bersih lingkungan seputar GSG UNILA, Aksi peduli kampus juga menggalakan gerakan tanam pohon untuk selamatkan bumi, Walikota Bandar Lampung Drs. Herman HN, Dandim 0410 dan Rektor UNILA, melakukan aksi tanam pohon di seputar lokasi embung UNILA.

Wali Kota Bandar Lampung Drs. Herman HN, M.M, membuka pendidikan dan pelatihan penguatan kepala TK, SD, dan SMP, di Hotel Bukit Randu Bandar Lampung, Sabtu (5/10/2019) malam.

Wali Kota yang pada kesempatan itu didampingi Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Drs. Saprodi, M.Pd, mengajak peserta diklat untuk mengikuti diklat sebaik mungkin, sehingga ilmu diperoleh dapat memajukan sekolah.

“Saya minta Bapak dan Ibu mengikuti diklat penguatan kepala sekolah hingga berakhir. Diklat ini dapat meningkatkan keilmuan dan wawasan kepala sekolah,” ujar dia disambut riuh tepuk tangan peserta diklat itu.

Menurutnya, kepala sekolah mempunyai tanggungjawab yang besar dalam memajukan pendidikan, serta menjadi contoh bagi guru dan siswanya. “Saya minta kepala sekolah setiap hari mengawasi guru dan siswanya,” ujar dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, diklat penguatan kepala sekolah, ini merupakan syarat memperoleh Tunjangan Profesi Guru (TPG). “Mengikuti diklat ini supaya tunjangan sertifikasi Bapak dan Ibu tidak hilang,” katanya.

Dia mengatakan, kesejahteraan guru kini lebih baik. Guru yang bersertifikasi, memperoleh sertifikasi dari pemerintah. “Kalau uang sudah dikirim pusat, pasti sertifikasi dikirim ke guru. Saya tidak pernah menundanya,” ujar dia.

Sebagaimana diketahui, diklat penguatan kepala sekolah ini merupakan program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung dengan menggandeng Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Lampung.

Sementara Kepala Disdikbud Bandar Lampung Ir. Daniel Marsudi dalam laporannya menerangkan, pelaksanaan diklat penguatan kepala sekolah akan berlangsung selama tujuh hari, hingga 12 Oktober mendatang dengan 190 peserta.

Dasar diklat menurutnya, berdasar Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2018, tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah, serta Surat Edaran Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud.

Bandar Lampung - Walikota Bandar Lampung Herman HN, memberi sambutan pada acara pembentukan Sekretariat tim pengawasan Orang Asing ( TIMPORA) tingkat kecamatan se kota Bandar Lampung oleh kantor Imigrasi Tingkat I Kota Bandar Lampung di ballroom Novotel, selasa (8/10/19). 

Dalam sambutannya Beliau menyampaikan bahwa Keberhasilan melaksanakan tugas pengawasan memerlukan dukungan dari berbagai institusi untuk bekerja bersama-sama dalam rangka penegakan hukum, sebagai upaya untuk melaksanakan pengawasan keimigrasian terhadap kegiatan Orang Asing di Kota Bandar Lampung khususnya.

TIMPORA yang dibentuk anggotanya terdiri dari badan atau instansi pemerintah baik pusat maupun di daerah. Oleh karena itu, untuk menindak lanjuti amanat undang-undang dan guna menjamin keberadaan atau kegiatan orang asing di wilayah Indonesia ,
Untuk itu pengawasan izin tinggal terhadap orang asing , perlu dilakukan oleh TIMPORA agar izin tinggal yang diberikan tidak disalah gunakan serta tidak membahayakan keamanan nasional.

Pada momen peringatan HAN 2019, Wali Kota Bandar Lampung, Herman HN, menyampaikan pesan kepada para orangtua jika sangat penting memberikan pendidikan dan akhlak yang baik kepada anak, serta meningkatkan iman dan takwa kepada Tuhan.

"Harapan saya, bagaimana orang tua mengajarkan anaknya dengan baik. Terutama akhlak, itu yang penting, serta peningkatan iman dan takwa agar anak-anak ke depan menjadi pribadi yang baik, sopan santun," kata dia, Selasa, 23 Juli 2019.

Selain itu, lanjut Herman HN, bagi para orangtua berkewajiban untuk memberikan pendidikan, dalam hal ini menyekolahkan anak, agar mendapat pendidikan akademik untuk kehidupan lebih baik di masa yang akan datang.

"Bagaimana anak-anak kita di Kota Bandar Lampung ini lebih baik. Makanya saya menggratiskan pendidikan SD dan SMP di Kota Bandar Lampung ini tidak lain untuk membantu anak-anak juga," ungkap wali kota dua periode itu.

Menurut Herman HN, anak-anak layak mendapatkan pendidikan yang tinggi untuk membantu menggapai cita-citanya dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dengan adanya kemampuan itu, bisa menciptakan masyakat yang berkompetensi untuk meningkatkan perekonomian rakyat.

"Tak boleh anak-anak di Bandar Lampung tidak sekolah. Harus sekolah, agar bisa mendapat pekerjaan yang baik nanti, supaya tidak ada yang menganggur dan buta huruf. Semoga ke depan SMA dipegang pemkot lagi, sehingga anak-anak bisa sekolah gratis sampai SMA," harap Herman HN. (*)



Bandar Lampung : Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 7 Bandarlampung, menjadi perwakilan Provinsi Lampung dalam lomba sekolah sehat-unit kesehatan sekolah /madrasah (LSS-UKS/M) tingkat Nasional yang diikuti oleh 25 peserta kabupaten-kota se Indonesia.

Wali Kota Bandarlampung Herman HN, dalam sambutannya, pada acara penilaian LSS-UKS/M di Bandar Lampung, Kamis, (01/08/2019) mengucapkan terimakasih kepada tim penilai baik dari Nasional maupun Provinsi Lampung yang memilih SMPN 7 Badarlampung menjadi peserta lomba  tingkat nasional.

"Semoga SMPN 7 ini dapat juara dan membawa nama baik Provinsi Lampung dan khususnya Kota Bandarlampung," Ujara Herman HN berharap.

Ia mengatakan, dengan ajang ini semoga banyak sekolah di Bandarlampung yang termotivasi untuk meningkatkan kebersihan lingkungannya agar para siswa terjaga kesehatannya dan nyaman dalam proses belajar-mengajar.

Menurut dia, semenjak menjabat Wali Kota Bandarlampung tahum 2011 hingga saat ini peningkatan-peningkatan kwalitas pendidikan terus dikembangkan baik sarana maupun prasarana dengan tujuan menciptakan generasi penerus bangsa yang pintar, berkarakter dan religius.

Ditempat yang sama Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang diwakili staf ahli Bidang ekonomi dan pembangunan Teresia Sormin mengatakan provinsi lampung tidak henti-hentinya mendukung dan mendorong dunia pendidikan untuk menciptakan para pelajar yang sehat, berkarakter tangguh, dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Disamping itu juga dijelaskan, melalui kegiatan usaha kesehatan sekolah sekolah daapat  meningkatkatkan kekuatan mental anak didik  agar terhindar dan menjaga dirinya dari perbuatan yang menyimpang khusnya  penyalahgunaan narkoba dan berbagai kegiatan negatif lainnya yang dapat merugikan anka bangsa,”Ujar Teresia.

Lebih lanjut staf ahli gubernur itu mengatakan, didalam pendidikan karakter bertujuan untuk membentuk penyempurnaan diri individu secara terus-menerus dan melatih kemampuan diri demi menuju kearah hidup yang lebih baik para siswa didik sebagai

Berita Terkini

Siapa tidak mengenal SMP Negeri 1 Bandar Lampung. Sebagai warga Lampung, khususnya tinggal di Kota Bandar Lampung, tentunya sudah sangat mengenal sekolah yang beralamat di Jalan MR Gele Harun No. 30 Rawa Laut, Enggal, Bandar Lampung itu.

SMP Negeri 1 adalah salah satu sekolah yang terbilang favorit di Kota Tapis Berseri ini. Hal itu tunjukkan dari tingginya peminat dalam setiap tahunnya. Penilaian masyarakat itu tentu berdasar. Karena dalam proses pendidikan, sekolah memprioritaskan mutu di atas segalanya.

Prioritas mutu dikembangkan sekolah, tidak hanya dalam pendidikan akademik semata. Namun, sekolah yang telah berdiri sejak 1951 dan saat peletakan batu pertama dilakukan oleh Presiden RI Pertama Ir. Soekarno, itu juga mengembangkan pendidikan nonakademik atau ekstrakurikuler.

 

Progres perkembangan mutu pendidikan sekolah telah terbukti, hingga 2019 ini. Bahkan, sekolah yang kini di bawah kepemimpinan Tri Prioyono, S.Pd, terus melaju pesat dengan banyak memperoleh prestasi, baik kompetisi di tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga ke ajang nasional.

Seperti sepanjang tahun ini saja, sedikitnya 16 siswa di sana menyabet puluhan kali juara diberbagai ajang lomba kegiatan ekstrakurikuler. Ini menunjukkan, bahwa SMP Negeri 1 adalah sekolah yang memiliki segudang prestasi. Tentunya, prestasi ini diperoleh dari proses cukup panjang dan hasil kerja nyata.

Puluhan piala dan piagam penghargaan, pada Jumat (18/10/2019), oleh pihak sekolah digelar di salah satu ruang, bersama siswa berprestasi. Termasuk menceritakannya. Hal tersebut guna memotivasi para siswa lain untuk terus berlatih dan bekerja keras dalam memperoleh prestasi sesuai minat dan bakat.

 

Prestasi yang diperoleh tersebut, tidak hanya diceritakan siswa kepada warga sekolah. Namun, pada kesempatan itu, juga diceritakan kepada sejumlah awak media yang hadir melakukan tugas jurnalistik, guna meliput prestasi yang diperoleh siswa sepanjang 2019 (Januari – Oktober).

Satria Permana (kiri) dan Navara Nurul Rasyadha SA, saat menunjukkan piagam penghargaan juara lomba renang. Diketahui, pada kejuaran Piala Danyonif 143/TWEJ, Galih meraih 3 emas, 1 perak, dan 1 perunggu. Sementara Navara meraih 3 emas. Sedangkan kejuaraan renang Anindya Bakri, Galih meraih 5 emas dan 4 perak. Sementara Navara meraih 5 emas dan 2 perak. Kedua kegiatan itu digelar baru-baru ini.

Seperti diceritakan Keysha Aulia Safinka yang mewakili siswa berpretasi lainnya, bahwa untuk memperoleh prestasi khususnya dibidang nonakademik, dibutuhkan kesungguhan dan persiapan matang dari diri siswa, serta dukungan dan pembinaan maksimal oleh pihak sekolah. “Barulah semua kegiatan dapat berjalan,” ujarnya.

Namun menurutnya, bentuk kegiatan diikuti siswa telah memperoleh dukungan sekolah. Bahkan, siswa saat berlatih atau berlomba di luar, sekolah memberi dispensasi atau membebaskan kewajiban sekolah. “Sejauh ini sekolah peduli dengan kami. Bahkan kami diberi dispensasi saat berlomba di luar,” ujar siswa kelas IX itu.

Sementara Kepala SMP Negeri 1 Tri Prioyono, S.Pd mengatakan, prestasi yang diraih sejumlah siswanya merupakan anugerah bagi sekolah. Menurutnya, prestasi hanya dapat diukir atas hasil kerja keras dan ketekunan siswa dalam berlatih. “Bila itu tidak dilakukan, maka hal yang mustahil, itu dapat diraih,” katanya.

 

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam mengembangkan minat dan bakat siswa, sekolah bekerjasama dengan orangtua siswa. Hal tersebut, guna memudahkan melakukan pembinaan mulai dari dasar hingga lebih lanjut. “Pentingnya mengajak kerjasama orangtua siswa, agar progresnya prestasi siswa terpantau

1. Keysa Aulia Safinka – Juara LCT MIPA
2. Khanya S Herawanto – Juara Olimpiade Astronomi
3. M Aditya Irawan – Juara Olimpiade Astronomi
4. M Zayyan Putra Akbar – Juara Olimpiade Matematika
5. M Prima Padli – Juara LCT Matematika
6. Haikal Azamta – Juara Olimpiade Matematika
7. Feby Trieya Pitaloka – Juara PMR Madya Putri
8. Nabila Qisthi Sya’ bani – Juara PMR Madya Putri
9. Serly Dwi Nugraha – Juara PKS se-Kota Bandar Lampung
10. Raditya Febrian P – Juara PKS se-Kota Bandar Lampung
11. Cahya Adinda Tasya – Juara Regu Terfavorit
12. Galih Satria Permana – Juara Renang se-Provinsi Lampung
13. Navara Nurul Rasyadha SA – Juara Renang se-Provinsi Lampung
14. Azizah Anada Suri – Juara Seni Musik
15. Kanjeng Ratu Balqis – Juara Solo Song
16. Intan Dwi Thahira – Juara Pantun se-Nasional FLS2N

Pemerintah Kota Bandar Lampung memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia tahun 2019, di SDIT Permata Bunda III Sukabumi, Bandar Lampung, Kamis (17/10/2019).

Peringatan itu dihadiri Wali Kota Bandar Lampung Herman HN yang diwakili Asisten I Sukarma Wijaya, Ketua TP PKK Eva Dwiana Herman HN, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daniel Marsudi, dan Forkopimda.

Ketua TP PKK Kota Bandar Lampung Eva Dwiana Herman HN, melepas balon ke udara, sebagai tanda peringatan hari cuci tangan pakai sabun sedunia, dikampanyekan.

Sukarma Wijaya membacakan sambutan mengatakan, membersihkan tangan pakai sabun perlu dibiasakan masyarakat setiap hari. Tangan merupakan anggota tubuh terpenting, karena setiap aktivitas selalu menggunakan tangan.

“Gerakan mencuci tangan pakai sabun sedunia ini sangat penting dikampanyekan masyakarat. Bila tidak dibersihkan, tangan yang kotor merupakan awal masuknya bakteri dan virus ke tubuh manusia,” ujar dia.

Dia menerangkan, terdapat sejumlah hal yang perlu diperhatikan dan waktu terbaik bagi masyakarat dalam mencuci tangan, yaitu sebelum makan, sebelum memberi makanan ke anak, dan sebelum menyiapkan makanan.

“Tanpa disadari bahwa di tangan kita terdapat puluhan ribu bakteri yang dapat mengancam kesehatan tubuh kita. Untuk itu, biasakan selalu mencuci tangan pakai sabun, guna menjaga kesehatan sejak dini,” kata dia.

Sejumlah siswa SDIT Permata Bunda III Sukabumi Bandar Lampung, melakukan cuci tangan pakai sabun, dalam rangka peringatan hari cuci tangan pakai sabun sedunia.

Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan pelepasan balon ke udara yang dilakuan Ketua TP PKK Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana Herman HN, sebagai tanda bahwa peringatan hari cuci tangan pakai sabun sedunia, dikampanyekan.

Setelah itu, Ketua TP PKK, Asisten I, Kepala Disdikbud Bandar Lampung, dan tamu undangan melakukan cuci tangan pakai sabun di tempat yang telah disediakan, diikuti oleh guru dan siswa SDIT Permata Bunda III Sukabumi.

Cuci Tangan Edukasi Siswa 

Kepada awak media, Kepala SDIT Permata Bunda III, Lis Kurniawati menerangkan peringatan hari cuci tangan pakai sabun sedunia dapat mengedukasi nilai kebersihan dan kesehatan, khususnya bagi siswa, warga sekolah, dan masyarakat. 

Saat pelaksanaan cuci tangan, menurutnya siswa cukup antusias mengikuti. “Bahkan, saat kegiatan ini, siswa turut membawakan lagu cuci tangan, yang diikuti keluarga besar sekolah dan para tamu undangan,”

 

Bunda PAUD Kota Bandar Lampung, Dr. Eva Dwiana, M.Si, membuka pendidikan dan pelatihan berjenjang tingkat dasar guru PAUD, di aula Disdikbud Bandar Lampung, Senin (7/10/2019).

Ia yang juga istri Wali Kota Drs. Herman HN, M.M, saat di sana, mengajak guru PAUD membimbing, membantu, serta mengarahkan siswa belajar mengenal diri dan lingkungannya dengan cara yang menyenangkan.

“Guru PAUD harus bisa membimbing siswanya dengan cara yang menyenangkan. Jangan lupa pula selalu berkomunikasi dengan orang tua siswanya dalam segala hal,” ujar dia biasa disapa Bunda Eva itu.

Saat membimbing, menurutnya guru PAUD harus kreatif dan inovatif, guna menumbuhkan potensi siswa. Dalam melakukan hal tersebut, guru bersikap sabar, menyenangkan, santai, gembira, dan penuh kasih sayang.

“Dalam menghadapi siswa di sekolah, sebagai guru PAUD harus memahami karakteristik anak didiknya,” ujar Bunda Eva yang juga Ketua TP PKK Kota Bandar Lampung itu, seraya memotivasi para guru PAUD.

Di sela-sela memotivasi guru PAUD, Bunda Eva — juga anggota DPRD Provinsi Lampung, itu menyampaikan program unggulan Pemkot Bandar Lampung, diantaranya infrastruktur, siswa bina lingkungan, dan berobat gratis.

Hadir mendampingi Bunda Eva pada pembukaan diklat guru PAUD se-Kota Bandar Lampung, Kepala Bidang PAUD dan Pendidikan Masyarakat Disdikbud Nurmansyah, S.Pd., M.M, serta sejumlah penilik PAUD. (YUS)

 

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung, Eka Afriana, S.Pd., M.Si, menghadiri Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SD dan SMP tingkat nasional 2019, di Banten, 15 – 21 September 2019.

Dia dalam kesempatan itu, didampingi Kepala Bidang Pendidikan Dasar Mega Puri, S.Pd., M.M, Kepala Subbagian Keuangan dan Aset Siti Markamah, S.E., M.M, serta sejumlah staf, menyaksikan langsung sejumlah seni pertunjukan dan seni penciptaan.

Tidak hanya menyaksikan, sebelum kontingen asal Lampung mengikuti perlombaan, dia lebih dahulu memberi motivasi terhadap peserta, agar percaya diri dan bersemangat mengikuti lomba. Dengan penuh semangat, ia mengajak peserta untuk tampil maksimal di depan juri.

“Kami sengaja ke Banten sejak pembukaan hingga penutupan nanti, guna memotivasi kontingen FLS2N asal Lampung bersama Disdikbud Lampung, agar bersemangat tampil. Mereka ini adalah pelajar berprestasi tingkat provinsi,” ujar dia, Kamis (19/9/2019).

Dia berharap, kehadiran pihaknya di sana mampu menumbuhkan semangat dan kekompakan antarpeserta FLS2N se-Tanah Air, khususnya kontingen Lampung. “Menang kalah adalah hal biasa. Terpenting adalah antarpeserta mampu merajut persaudaraan,” katanya.

Sebagaimana diketahui pergelaran FLS2N SD dan SMP tingkat nasional tahun 2019, digelar di Banten, 15 – 21 September 2019. Pembukan yang dilakukan pada 16 September itu, jenjang SD dibuka oleh Direktur Pembinaan SD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dr. Khamim.

 

Sedangkan jenjang SMP dibuka Direktur Pembinaan SMP Dr. Poppy Dewi Puspitasari. Sementara, FLS2N jenjang SMA/SMK/PKLK dilaksanakan di Lampung. Kegiatan tersebut diikuti ribuan peserta yang sebelumnya menjadi pemenang pertama FLS2N tingkat provinsi. (YUS)

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung Eka Afriana, S.Pd., M.Si, memuji sarana dan prasarana, serta fasilitas yang dimiliki SDS Pelita Bangsa Bandar Lampung.

Pujian itu dilontarkan Sekretaris saat membuka sosialisasi sertifikasi semester 2 tahun 2019 serta bimbingan teknis aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) versi 2020, di sekolah setempat, Senin (2/9/2019).

Kegiatan itu sendiri dihadiri puluhan guru, operator, dan kepala SD negeri dan swasta se-Koordinator Wilayah IV, meliputi Kecamatan Enggal, Kedamaian, Tanjungkarang Barat, dan Tanjungkarang Timur Bandar Lampung.

Menurut dia, fasilitas sekolah merupakan daya dukung utama dalam meningkatan mutu pendidikan. “Sekolah ini sangat bagus. Fasilitasnya sangat memadai. Ruangannya sangat representatif,” ujarnya.

Sekretaris yang dalam kesempatan itu didampingi Kepala Bidang Pendidikan Dasar Mega Puri, S.Pd., M.M, pun berharap kepada seluruh sekolah di Kota Tapis Berseri, mempunyai fasilitas yang baik seperti SDS Pelita Bangsa.

“Saya berdoa seluruh sekolah di kota kita ini, khususnya sekolah negeri akan mempunyai fasilitas yang sama seperti di sini. Semoga terwujud,” ujar dia yang disambut riuh tepuk tangan peserta sosialisasi itu.

Masih dalam kesempatan itu, ia pun mengucapakan terimakasih kepada pihak sekolah yang telah memfasilitasi Disdikbud dalam penyelenggaraan sosialisasi sertifikasi semester 2 serta bimtek Dapodik versi 2020.

“Atas nama dinas, kami mengucapkan terimakasih kepada pihak sekolah yang telah memfasilitasi kami dalam kegiatan ini. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua,” ujarnya yang diamini seluruh peserta itu.

Turut hadir pada pembukaan sosialisasi, Kepala Seksi Tenaga Pendidikan dan Kependidikan Supriatin, M.Pd, operator dan staf Disdikbud Suwanto dan Demmy Febriani, S.E , serta Kepala SDN 2 Rawalaut Joko Purwanto, M.Pd. (YUS)

 

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung, Eka Afriana, S.Pd., M.Si, mengapresiasi kedisipinan para pegawai di lingkungannya, dalam melaksanakan tanggungjawab kerja.

Hal ini diungkapkan dia saat memimpin apel Senin pagi, di lapangan dinas setempat, Senin (16/9/2019). Apel itu sendiri diikuti seluruh pegawai baik berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun Tenaga Kerja Sukarela (TKS).

“Hari ini saya mengapresiasi kinerja dan kedisplinan paga pegawai. Hal itu pula tercermin dari apel pagi ini. Di mana, hampir seluruh kepala seksi lengkap mengikuti apel. Ini prestasi yang sangat luar biasa,” ujar dia.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris mengajak seluruh pegawai untuk menunjukkan produktivitas kerja yang baik. Kedisiplinan menurut dia, menjadi kunci utama dalam melaksanakan tanggung jawab kerja.

“Saya meminta kepada seluruh pegawai di sini untuk terus mempertahankan kedisiplinan kerja. Sekarang ini, kita sudah menjadi contoh bagi sekolah Se-Bandar Lampung, mengenai kedisiplinan,” ujar dia. (YUS)

 

BANDAR LAMPUNG -- Wali Kota Bandar Lampung Drs. Herman HN, M.M, menyerahkan insentif kepada guru honor TK/RA, SD/MI, SMP/MTs negeri dan swasta Se-Bandar Lampung, di GSG Universitas Lampung, Kamis (27/12/2018).

Penyerahan insentif tersebut disaksikan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs.Sukarma Wijaya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bandar Lampung Ir. Daniel Marsudi, Sekretaris Eka Afriana Novel, S.Pd., M.Si, dan Kepala Bidang Pendidikan Dasar Mega Puri, S.Pd., M.M.

Dalam arahannya Wali Kota mengatakan, memberikan insentif kepada guru honor di Bandar Lampung merupakan bentuk apresiasi pemerintah, karena guru telah mengabdi di sekolah demi mencerdaskan anak bangsa. 

Menurutnya, insentif tersebut juga diharapakan dapat memotivasi para guru dalam meningkatan produktivitas serta kedisiplinan kerja untuk memajukan dunia pendidikan khususnya di kota Bandar Lampung. 

"Saya selaku Wali Kota tentu sangat berharap atas kemajuan pendidikan di kota tapis berseri ini. Untuk memperoleh hal itu tentu harus didukung oleh para guru dalam memberikan ilmu pengetahuan yang berkualitas," ujar Herman HN saat memberikan kata sambutan dihadapan ribuan guru.

Kemudian Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bandar Lampung Ir. Daniel Marsudi mengatakan guru honor yang memperoleh insentif sebanyak 7.411 guru yang tersebar di 20 kecamatan di Bandar Lampung. 

Insentif yang diberikan tersebut merupakan periode Juli - Desember 2018 atau selama enam bulan yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Bandar Lampung tahun 2018, senilai Rp8,89 miliar. 

"Insentif bagi guru honor merupakan program pemerintah kota Bandar Lampung. Melalui insentif ini diharapakan para guru lebih termotivasi dalam mencerdaskan anak bangsa demi melahirkan generasi berkualitas," kata dia.

Vidio

Berita Sekolah

AZZURA Dan FARELI Raih Juara di Piala DANYONIF 143/TWEJ Tahun 2019

Selasa, 01 Oktober 2019 ~ Oleh Hendra Darmawan ~ Dilihat 60 Kali

Bandar Lampung, 30 September 2019

Tak salah apabila SMP Negeri 2 Bandar Lampung disebut sebagai "Sekolahnya Sang Juara", Senin 30 September 2019 Azzura dan Fareli menyerahkan Piala dan Piagam Juara 1 dan 3 dari cabang olah raga Renang kepada Kepala UPT SMPN 2 Bandar Lampung dalam sela-sela upacara bendera. Piala dan Piagam yang mereka raih tersebut dari ajang Piala DANYONIF 143/TWEJ Tahun 2019 Candimas.

AZZURA KAYLA PASYA

  1. Juara 1 Gaya Dada Putri 50 M
  2. Juara 1 Gaya Dada Putri 100 M
  3. Juara 1 Gaya Bebas Putri 50 M

FARELI ADIYATAMA

  1. Juara 1 Gaya Kupu-kupu Putra 50 M
  2. Juara 1 Gaya Bebas Putra 50 M
  3. Juara 1 Gaya Dada Putra 50 M
  4. Juara 2 Gaya Bebas Putra 100 M
  5. Juara 3 Gaya Dada Putra 100 M

 

Selain Azzura dan Fareli dari ajang Jambore Cabang IV Kota Bandar Lampung Tahun 2019 siswa-siswi SMPN 2 Bandar Lampung juga meraih Piagam Penghargaan Duta Persahabatan Putri AISHA ARIQAH MARDHINI, dan Piagam Penghargaan Duta Persahabatan Putra NOER ISHAD MAHDI. Dan Piagam Penghargaan Tenda Kreasi Putri antara lain :

 

TENDA KREASI PUTRI

SMP Al Kautsar Gelar Pengajian Rutin Bagi Para Guru

WhatsApp Image 2019-09-30 at 1.45.25 PM

SMP Al Kautsar menggelar pengajian bagi para guru, Senin (30/9/2019), di mushala setempat.

Kepala SMP Al Kautsar, Rudiyanto mengatakan pengajian guru ini merupakan program rutin 3 bulanan yang bertujuan menambah khasanah dan meningkatkan pemahaman ke Islaman guru dan karyawan.

“Kajian-kajian Islam tentunya juga diperlukan untuk menambah dan memupuk keimanan kita semua, ” ujar Rudiyanto.

Ketua Taklim, Kismanto mengatakan, pada pengajian guru kali ini pihaknya mengundang Ustaz Faizab Hani A, Benseh yang merupakan pembina The Kampung Quran Lampung dan pembina Pondok Tahfiz Dzuljalali Wal Ikram Provinsi Lampung, untuk memberikan tausiyah.

Dalam ceramahnya, Ustaz Faisal mengatakan, Allah tidak hanya memerintahkan umat untuk membaca Alquran dan menghapal Quran, tapi juga untuk dipahami (ditadaburi) dan diamalkan.

“Mengapa harus kita pahami? Sebab isi Alquran itu adalag petunjuk dari Allah. Semua yang kita tanyakan, kita minta, ada jawaban dan penjelasannya dalam Alquran, ” ujar Ustaz Faisal.

Misalnya, lanjut dia, dalam shalat kita selalu membaca alfatihah, salah satu ayatnya adalah Ihdinash shiratal mustaqim yang artinya tunjukkanlah kami jalan yang lurus.

“Nah, di dalam Alquran Allah menjawab di surah 36 ayat 61 Wa ana haada ahiratum muataqiim yang artinya sembahlah aku kamu berada di jalan yang lurus. Inilah pentingnya kita mengerti dan memahami apa-apa yang kita baca,” tuturnya.

Menurut Ustad Faisal, semua masalah dalam kehidupan ini sudah diberi solusinya oleh Allah lewat Alquran dan As Sunnah.

“Sayangnya saat ini, pemimpin dan masyarakat kita banyak yang meninggalkan nilai-nilai Alquran dan sunnah sehingga terjadi banyak kekacauan,” katanya.

Sekretaris Disdikbud Lepas Kontingen O2SN Kota ke Tingkat Provinsi

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung, Eka Afriana, S.Pd., M.Si, melepas kontingen Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) kota ke tingkat Provinsi Lampung.

Pelepasan dilakukan di aula dinas setempat, Jumat (19/7/2019). Turut hadir pada pelepasan Kepala Bidang Pendidikan Dasar Mega Puri, S.Pd., M.M, Kepala Seksi Kurikulum Suharsono, S.Sos, serta guru pendamping siswa O2SN.

Acara Pembukaan HUT Kota Bandar Lampung 2019

Bandar Lampung Expo dan Begawai Bandar Lampung 2019, dalam HUT Bandar Lampung Ke-337, yang berlangsung di Lapangan Saburai resmi dibuka Sabtu 20/07/2019 malam. Lampung Expo dan Begawi Bandar Lampung 2019 M Yudhi Mengatakan, Bandar Lampung Expo akan dilaksanakan tanggal 20/07/2019.

Tujuan untuk menggali, melestarikan, dan mengembangkan seni dan Budaya Lampung.

Apel Rutin hari Senin 10 Oktober 2019

Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Solo, mengapresiasi penguatan kepada sekolah di Bandar Lampung.

Penguatan kepala sekolah jenjang TK, SD, dan SMP yang diikuti 190 peserta dan dilaksanakan di Hotel Bukit Randu Bandar Lampung, selama sepekan itu, memperoleh predikat terbaik, serta akan menjadi contoh bagi kabupaten/ kota di Tanah Air.

“Hal ini dikatakan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung Eka Afriana, S.Pd., M..Si, mengutip pernyataan LPPKS Kemdikbud Solo, yang disampaikannya saat memimpin apel pagi, Senin (14/10/2019).

Read More

Sekretaris Disdikbud Puji Fasilitas SDS Pelita Bangsa

Sekolah Miliki Mutu Baik, Bakal Diburu Masyarakat

 

 

Acara Dharma Wanita

Bunda Eva menghadiri dan memberikan sambutan di acara Dharma wanita di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung 

Program Indonesia Pintar (PIP)

Program Indonesia Pintar (PIP) Melalui Kartu Indonesia Pintar adalah bantuan pemberian tunai Pendidikan kepada anak usia (6-12 Tahun) yang berasal dari kelluarga miskin

Rumah Belajar

Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran daring yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Konten pembelajaran yang disediakan berbasis audio, video, gambar, dan animasi yang disajikan secara interaktif. 


40 Kepala SD Ikuti Penguatan Kompetensi Supervisi Akademik

Sebanyak 40 kepala SD negeri dan swasta, mengikuti penguatan kompetensi supervisi akademik, di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung, Senin (14/10/2019).

Kegiatan yang menggandeng Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung (Unila), itu dibuka Sekretaris Disdikbud Eka Afriana, S.Pd., M.Si, didampingi Kabid Pendidikan Dasar Mega Puri, S.Pd., M.M.

Read More

Dokumentasi

  • 5.jpg
  • 11.jpg
  • 22.jpg
  • a3.jpg
  • a4.jpg
  • a6.jpg
  • a7.jpg
  • a8.jpg
  • gd1.jpg
  • gd2.jpg
  • gd4.jpg
  • gd5.jpg
  • gd6.jpg
  • gd7.jpg
  • gd8.jpg
  • gd9.jpg
  • guru6.jpg
  • IMG_4295.JPG
  • IMG_4543.JPG
  • IMG_4544.JPG

NISN

NPSN

AKREDITASI

PPDB Online

Please publish modules in offcanvas position.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan | Kota Bandar Lampung