Tue. Jan 31st, 2023

DIKBUD – Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Segala Mider Bandar Lampung, menggelar Festival Kuliner, di lapangan sekolah setempat, Kamis (17/11/2022).

Kegiatan dengan menampilkan sejumlah produk makanan hasil karya dari siswa kelas 6, ini sebagai bentuk pembelajaran sekaligus melatih siswa berwirausaha.

“Festival kuliner ini merupakan entrepreneur learning bagi siswa kelas 6,” ujar Kepala SDN 1 Segala Mider Bandar Lampung, Umi Husniah, M.Pd,” usai kegiatan.

Umi mengatakan, produk yang ditampilkan pada festival kuliner merupakan sejumlah makanan basah dan kering yang berbahan dasar dari pisang.

“Kebetulan di Kelurahan Segala Mider ini banyak penghasil buah pisang. Jadi kami memanfatkan buah pisang ini menjadi panganan yang bernilai ekonomi,” katanya.

Seluruh produk makanan yang sekaligus untuk dijual kepada warga sekolah dan masyarakat sekitar, itu merupakan hasil olahan dari para siswa.

“Siswa kelas 6 kami berjumlah 112 orang. Jadi mereka ini secara bergotong royong membuat produk makanan tersebut sebelum ditampilkan pada festival kuliner ini,” kata dia.

“Pembuatan produk makanan tersebut juga bagian dari implementasi pembelajaran kewirausahaan yang diikuti siswa di sekolah,” sambung dia.

Dengan digelarnya festival kuliner di sekolah, ia berharap para siswa memperoleh keterampilan sekaligus pengalaman khususnya dalam pengolahan produk makanan berbahan dasar pisang.

“Banyak hal positif dengan adanya kegiatan ini. Paling tidak mengajarkan siswa mengolah produk. Ini juga bisa menjadi bekal mereka nantinya yang ingin berwirausaha,” tutur dia. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *