Tue. Jan 31st, 2023

DIKBUD – UPT SDN 1 Way Laga Kota Bandar Lampung, melaksanakan kegiatan bantuan sosial (baksos) untuk anak yatim piatu, pondok pesantren, dan masyarakat sekitar sekolah yang membutuhkan, pada 21-22 November 2022.

Kegiatan baksos dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-77 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) 2022, juga untuk menumbuhkan sikap empati siswa terhadap sesama.

“Menggelar kegiatan baksos oleh keluarga besar sekolah bagi anak yatim piatu, pondok pesantren, dan masyarakat ekonomi bawah adalah untuk menolong sesama,” ujar Kepala SDN 1 Way Laga, Aslida Sagala, M.Pd, Selasa (22/11/20222).

Menurut Aslida, sebanyak 250 paket yang berisikan sembilan bahan pokok (sembako) diantaranya beras, gula, minyak makan, terigu, dan sebagainya, dibagikan pada kegiatan baksos tersebut.

“Paket sembako tersebut merupakan bantuan dari para guru dan tenaga kependidikan, serta siswa sekolah. Bantuan ini wujud kepedulian mereka terhadap sesama. Istilahnya bantuan ini dari mereka untuk mereka,” katanya.

Bakti sosial yang juga dapat menumbuhkan karakter positif siswa, ini akan menjadi agenda rutin bagi sekolah. “Kegiatan baksos ini yang pertama kali dilakukan sekolah. Ke depan, ini akan menjadi agenda rutin kami,” ujarnya.

Selain menggelar baksos, lanjut Aslida, pada hari bersamaan, sekolah juga melaksanakan kegiatan Market Day bagi siswa kelas 6. Market Day mengambil tema Kewirausahaan, ini menampilkan sejumlah produk makanan yang dihasilkan siswa.

“Market Day yang menjadi implementasi pelajaran wirausaha adalah melatih siswa berkarya mengasilkan produk-produk. Selain itu mengajarkan anak lebih mandiri, sehingga mereka yang ingin beriwausaha nantinya, maka sudah tahu caranya,” kata dia.

Ia mengatakan, kegiatan ini juga merupakan unjuk karya siswa hasil dari pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (5P) yang telah diikuti siswa. “5P ini juga merupakan implementasi dari Kuriukulum Merdeka,” tutupnya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *