Tue. Jan 31st, 2023

DIKBUD – Lomba Senam Pendidikan Antikorupsi dan Senam Kreasi yang dibawakan sejumlah siswa kelas 4, 5, dan 6 di UPT SDN 1 Sukamaju Bandar Lampung, pada Rabu, 23 November 2022, sangat mengesankan bagi para penonton.

Hal itu telihat dari gerakan-gerakan dibawakan para peserta lomba yang cukup atraktif. Tak hanya itu, perpaduan antara musik dan gerakan saat dibawakan peserta juga terlihat serasi. Dewan juri pun terkesima melihat aksi yang dibawakan para siswa.

“Ternyata para siswa-siswi kami mempunyai talenta dalam melakukan gerakan-gerakan pada lomba senam ini. Lomba ini cukup menarik perhatian para penonton yang terdiri guru dan siswa-siswa sekolah kami, “ ujar Kepala UPT SDN 1 Sukamaju, Zauhara, S.Pd., M.M, di sela-sela lomba.

Menurut dia, lomba senam yang diikuti para siswa-siswi sekolah ini dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) 2022 yang jatuh pada 25 November.

Alhamdulillah lomba senam ini cukup semarak. Kami bersukur pelaksanaan lomba-lomba juga  mendapatkan dukungan penuh dari orangtua atau wali murid. Sebelumnya Selasa kemarin kami juga telah melakukan lomba mewarnai bagi siswa kelas 1, 2, dan 3,” ujarnya.

Pada lomba senam ini, katanya, setiap kelas 4, 5, dan 6 mengirimkan satu tim yang berjumlah 5 – 8 siswa. Peserta boleh memilih satu diantara dua jenis senam yang telah ditentukan panitia kegiatan, yaitu Senam Pendidikan Antikorupsi atau Senam Kreasi.

“Saya melihat dengan digelarnya lomba-lomba ini hubungan antara guru dan siswa semakin kompak. Itu karena ada interaksi antara mereka saat berlatih. Ini dampak positif yang dirasakan dapat membuat guru dan siswa semakin terjalin kekompakannya,” kata dia.

Setelah hari ini, sambungnya, pada 24 Oktober 2022 juga akan dilakukan lomba solo song dengan peserta guru dan tenaga kependidikan, serta para siswa kelas 4, 5, dan 6. Ada dua lagu yang akan dibawakan peserta, yakni lagu wajib berjudul Sang Bumi Ruwa Jurai dan lagu bebas.

Insyallah kegiatan lomba solo song besok akan semakin semarak. Sebab tak hanya siswa, peserta lomba juga akan diikuti oleh guru dan staf tata usaha, termasuk penjaga kantin dan sekolah. Para calon peserta sudah menyiapkan penampilannya,” ujar dia.

Sementara kegiatan puncak memeriahkan HUT Ke-77 PGRI & HGN 2022 akan dilakukan pada 25 November yakni melakukan upacara bendera di SDN 1 Sukamaju. “Termasuk hari itu juga akan ada pemotongan nasi tumpeng dan pembagian hadiah bagi pemenang lomba,” tutupnya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *