Tue. Jan 31st, 2023

DIKBUD – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Palapa, Kota Bandar Lampung, merayakan puncak Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT ke-77 PGRI, di lapangan sekolah setempat, Selasa (29/11/2022).

Pada puncak perayaan HGN dan HUT PGRI tersebut, 34 aksi seni ditampilkan oleh para guru dan siswa di sana, seperti pembacaan ayat suci Alquran, tari, puisi, pantun, bercerita, pianika, senam, dan nyanyian.

Selain itu, pihak sekolah juga menggelar lomba nasi tupeng antar-kelas. Ada 24 nasi tumpeng yang berasal dari 24 kelas, mulai dari kelas 1 hingga kelas 6 yang mengikuti lomba tersebut.

Tak hanya itu, puncak HGN dan HUT PGRI di SDN 1 Palapa, sekolah juga memberikan penghargaan kepada enam guru berprestasi untuk kategori Berprestasi, Berdedikasi, Inspiratif, Kreatif, Seni, dan Inovatif.

Kegiatan turut dihadiri Pengawas SD dan Koordinator Wilayah IV Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bandar Lampung, Dra. Hadiah Ratna Sari, M.Pd dan Ismail, S.E., M.M, berlangsung meriah.

Kepala SDN 1 Palapa, Kusrina, M.Pd, mengatakan memperingati HGN dan HUT PGRI ini guna menghormati peran dan jasa-jasa guru di Indonesia, khususnya di SDN 1 Palapa Bandar Lampung.

Menurutnya, guru sebagai pendidik dan menjadi bagian penting dalam pembangunan masyakarat Indonesia, patut diapresiasi sekaligus diberikan penghargaan oleh pemerintah.

“Guru menjadi tonggak utama dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk itu, para guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, patut diberikan apresiasi dan penghargaan,” ujar dia.

Di SDN 1 Palapa, katanya, guru berprestasi diberikan piagam penghargaan. Penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi sekolah terhadap guru yang telah berjuang memajukan pendidikan.

“Memberikan penghargaan terhadap enam guru berprestasi merupakan simbolisnya. Kami yakin semua guru di SDN 1 Palapa memiliki prestasi di bidangnya masing-masing,” katanya.

Melalui HGN dan HUT PGRI, ia berharap kepada seluruh guru di SDN 1 Palapa, lebih termotivasi dan semangat dalam memberikan pengajaran yang terbaik terhadap para siswa, serta berprestasi.

“Harapan saya juga, para guru kami ini tak hanya berprestasi di tingkat kota maupun provinsi, namun juga bisa berprestasi di tingkat nasional,” ujar Ketua K3S SD Kota Bandar Lampung ini.

Sementara Korwil IV Disdikbud Bandar Lampung, Ismail, mengatakan HGN dan HUT PGRI menjadi momentum bagi guru dapat lebih bangkit memberikan yang terbaik bagi dunia pendidikan.

“Melalui momentum ini, ayo para guru di Kota Bandar Lampung lebih semangat dan disiplin dalam bekerja. Disiplin menjadi kunci keberhasilan dalam pendidikan,” ujar Ismail. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *