Tue. Jan 31st, 2023

DIKBUD – Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung dan Kota Bandar Lampung, memberikan penyuluhan terhadap pelajar SD se-Kecamatan Kemiling Bandar Lampung, tentang pentingnya menjaga pola makanan yang bergizi, di SDN 1 Sumber Agung, Kamis (15/12/2022).

Penyuluhan tentang hal itu sebagai tindak lanjut dari hasil kunjungan kerja Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Lampung bersama Wali Kota Bandar Lampung Hj. Eva Dwiana beberapa waktu lalu itu, disambut antusias pelajar.

“Penyuluhan tentang bagaimana menjaga pola makanan yang bergizi oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung dan Kota Bandar Lampung ini, agar anak-anak usia sekolah dasar terhindar dari stunting,” ujar Kepala SDN 1 Sumber Agung, Sri Rahayu, S.Pd, usai kegiatan.

Selain hal tersebut, sambungya, penyuluhan ini juga untuk mengajak anak-anak agar memakan makanan bergizi dan sehat, serta gemar memakan ikan, guna menunjang peningkatan pertumbuhan berat dan tinggi badan. “Tujuannya adalah itu,” katanya.

Pada penyuluhan ini, kata dia, para siswa juga diberikan makanan melalui program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS) oleh pihak terkait. Katanya, program PMTAS ini untuk memperbaiki asupan gizi, ketahanan fisik siswa, dan meningkatkan kesukaan akan makanan bergizi.

“Saat anak-anak diberikan makanan tersebut, mereka sangat senang. Adapun makanan tersebut berisikan seperti nasi, sayur, dan ada lauk pauknya diantaranya makanan hasil olahan dari ikan, serta makanan ringan,” ujar Sri Rahayu.

Selain diberikan makanan, ujar dia, siswa juga diajak untuk mengikuti permainan. Bagi siswa yang beruntung akan mendapatkan hadiah hiburan dari penyelenggara kegiatan. “Hadiahnya cukup banyak, seperti alat-alat tulis, botol minuman, hingga uang tunai,” katanya.

Melalui kegiatan ini, ia berharap para siswa di Kota Bandar Lampung khususnya di Kecamatan Kemiling dapat mengetahui pentingnya memakan makanan bergizi. Sehingga anak-anak tersebut dapat tumbuh sehat serta terhindar dari segala bentuk penyakit.

“Kami berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan,” ujar dia yang mengaku bahwa kagiatan penyuluhan ini diikuti 180 pelajar yang terdiri dari 120 merupakan siswa di SDN 1 Sumber Agung, dan sisanya merupakan siswa perwakilan SD negeri se-Kecamatan Kemiling. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *