Thu. Feb 9th, 2023

Kegiatan sosialisasi Program Pendidikan Keuangan Cha Ching Curriculum, di SMPN 16 Bandar Lampung, Provinsi Lampung, pada Sabtu, 14 Januari 2023. ISTIMEWA


DIKBUD – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung, membuka sosialisasi Program Pendidikan Keuangan Cha Ching Curriculum, di SMPN 16 Bandar Lampung, Provinsi Lampung, pada Sabtu, 14 Januari 2023.

Sosialisasi dengan menggandeng Organisasi Prestasi Junior Indonesia dan diikuti guru kelas 3 sekolah dasar (SD) negeri dan swasta se-Kota Bandar Lampung, ini diharapkan mampu meningkatkan literasi keuangan pada peserta didik.

“Mengajak bapak dan ibu guru mengikuti sosialisasi Cha Ching Curriculum, supaya nantinya para guru dapat mengenalkan tentang konsep pengelolaan keuangan secara sederhana kepada siswa,” ujar kepala Disdikbud dalam sambutannya.

Ia mengatakan, banyak hal didapat dari kegiatan tersebut. Bagi guru, manfaatnya akan memiliki pemahaman yang kompeten tentang konsep keuangan mulai dari memperoleh, menabung, membelanjakan, dan menyumbang.

“Program ini sangat intimewa. Sebab, para guru berkesempatan mengimplementasikan program bertaraf internasional. Guru juga akan mendapatkan sertifikat,” ujarnya didampingi Kepala Subbagian Umum dan Kepegawaian, Desmawati, S.Sos., M.M.

Sedangkan manfaat bagi sekolah, sambungnya, guru-guru akan memiliki kompetensi baru dalam bidang pengelolaan keuangan dengan kurikulum internasional, serta para peserta didik siap mandiri secara finansial.

“Saya berharap bapak dan ibu guru dapat mengawal program ini dan segera dilaksanakan di tingkat sekolah. Sebab, Disdikbud sudah melakukan penandatangan perjanjian kerja sama terkait hal ini pada Desember 2022 lalu,” katanya.

Sementara Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia, Robert Gardiner, menjelaskan literasi keuangan sangat penting ditanamkan sejak dini. Pengelolaan uang secara benar, memberikan kepercayaan diri dalam mengelola keuangan saat ini dan masa mendatang.

“Kami selaku otoritas di bawah payung Negara Amerika Serikat, tentunya sangat bangga dapat hadir di Kota Bandar Lampung memberikan pengetahuan pendidikan keuangan. Program ini diimplementasi bagi masyarakat dari Sabang sampai Merauke,” katanya.

Pengelolaan keuangan, katanya yang kesempatan itu bersama nara sumber dari Prestasi Junior Indonesia, Utami Anita Herawati, penting ditanamkan kepada setiap orang. Agar, uang yang dimiliki dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga kebutuhan dapat terpenuhi.

“Tak hanya seperti kita, orang kaya sekalipun juga memiliki masalah dengan pengelolaan keuangan. Untuk itu sangat penting memiliki pengetahuan tentang pengelolaan keuangan,” katanya yang mengaku bahwa program ini juga dilakukan di 114 negara di dunia.

Sementara Kepala Seksi Kelembagaan Disdikbud Bandar Lampung, Mulyadi Syukri, Sos, menambahkan sosialisasi dengan menggandeng Organisasi Prestasi Junior Indonesia hanya dilaksanakan selama satu hari dengan dibagi menjadi dua sesi.

Sesi pertama, katanya, dilakukan pada pukul 08.00-11.30 wib, sedangakan sesi kedua pada pukul 12.30-15.30 wib. “Alhamdulillah kami melihat peserta sangat antusias mengikuti kegiatan. Semoga ilmu yang diperoleh bermanfaat bagi sekolahnya,” tutur dia.

Diketahui, turut hadir pada pembukaan sosialisasi Cha Ching Curriculum, Ketua dan Sekretaris K3S SD Kota Bandar Lampung Kusrina, M.Pd dan Taufik Hidayat, S.Pd, serta ketua K3S SD tingkat kecamatan se-Bandar Lampung. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *