Tue. Jan 31st, 2023

Penandatanganan perjanjian kerja sama tentang Perlindungan Guru antara PGRI dan Polresta Bandar Lampung, di SMPN 16 Bandar Lampung, Selasa, 24 Januari 2023. ISTIMEWA


DIKBUD – PGRI Kota Bandar Lampung dan Polresta Bandar Bampung, melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama tentang Perlindungan Guru, Selasa, 24 Januari 2023.

Penandatangan kerja sama digelar di SMPN 16 Bandar Lampung, ini dilakukan oleh Ketua PGRI Drs. H. Yuni Herwanto, M.Pd dan Kapolresta Kombes Pol Ino Harianto, S.I.K., M.M.

Kerja sama tersebut untuk memberikan bantuan hukum, memberikan perlindungan profesi, melakukan pembinaan dan pengembangan profesi, serta memajukan pendidikan nasional.

“Melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama ini untuk melindungi guru dari ancaman, intimidasi, dan diskriminatif terhadap guru,” ujar Kapolresta di hadapan guru.

Menurutnya, guru merupakan profesi mulia. Oleh sebab itu, guru wajib dilindungi. “Saya sepakat melakukan penandatanganan ini karena saya sayang dan cinta terhadap guru,” katanya.

Melalui kerja sama ini, katanya, pihaknya tidak serta merta memanggil guru bila terjadi persoalan hukum. Namun akan melalui pendekatan dalam penyelesaian permasalahan.

“Sekarang ada namanya restorative justice, yakni penyelesaian hukum di luar pengadilan. Mungkin hal ini yang akan kami lakukan bila ada persoalan hukum terhadap guru” ujarnya.

Sementara Pembina PGRI Kota Bandar Lampung, Hj. Eka Afriana, S.Pd, mengatakan kerja sama ini meningkatkan sinergi bagi para pihak dalam rangka perlindungan hukum profesi guru.

Ruang lingkup kerja sama yakni memberikan perlindungan hukum terhadap guru, dari tindakan kekerasan, ancaman, diskriminatif, intimidasi, atau perlakuan tidak adil dari masyarakat.

“Tentunya melalui kerja sama ini, membawa kemajuan di dunia pendidikan, karena para guru tidak merasa takut, was-was, dalam memberikan proses pendidikan kepada murid,” ujarnya.

Ia yang juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung, berharap penandatanganan perjanjian kerja sama ini sebagai penanda kebaikan bagi guru.

Ketua PGRI Kota Bandar Lampung, Yuni Herwanto menambahkan penandatanganan perjanjian kerja sama ini memberikan memberikan perlindungan terhadap guru di Kota Bandar Lampung.

“Kerja sama ini bukan berarti memberikan hak penuh, tapi diberikan keistimewaan khusus untuk tidak dilakukan penindakan hukum kepada guru yang bersalah,” kata dia.

Diketahui turut hadir pada penandatanganan perjanjian kerja sama, Ketua PGRI Provinsi Lampung, Drs. M. Ilyas Efendi, M.M, perwakilan Kementerian Agama Kota Bandar Lampung.

Kemudian, Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Kepala Seksi Kelembagaan, Hj. Mega Puri S.Pd., M.M dan Mulyadi, S.Sos, serta kepala SD dan SMP se-Kota Bandar Lampung. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *