disdikbud.kota@bandarlampungkota.go.id
" C "
69947557
61
891
Tahap rancang bangun diawali dengan studi literatur tentang video pembelajaran, baik dari jenisnya, kelebihan dan kekurangan serta perkembangannya. Juga dilakukan observasi melalui angket dan wawancara kepada guru dan siswa. Berdasarkan studi literatur dan hasil observasi , serta dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik , maka dipilihlah jenis video yang akan digunakan yaitu video yang berbasis animasi, dengan animasi guru berbicara yang diisi suara guru.Langkah selanjutnya peneliti menetapkan aplikasi yang akan dipakai untuk membuat video animasi tersebut yaitu aplikasi kinemaster priemer tujuannya agar lebih mobile. Dengan pertimbangan kemudahan siswa dalam mengaksesnya, kesesuaian dengan tujuan pembelajaran dan yang terpenting kemampuan guru menggunakan aplikasi tersebut selain karena faktor ekonomis yaitu kinemaster primer ini free dan tanpa watermark.Dalam merencanakan konten video pembelajaran dilakukan dengan tahapan berikut: A. Penyusunan Garis-Garis Besar Isi Media (GBIM)Dalam tahap ini dilakukan pemetaan materi dan tujuan pembelajaran. Materi yang dipilih dalam pembelajaran matematika kali ini adalah materi Transformasi geometri kompetensi dasar:3.5 Menjelaskan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi dan dilatasi) yang dihubungkan dengan masalah kontekstual. 4.5 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi dan dilatasi).Dan tujuan pembelajarannya adalah :Setelah mengikuti proses pembelajaran berbasis Project Based Learning, peserta didik dapat:1.Menyajikan hasil pembelajaran tentang transformasi (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi) dalam bentuk poster kreatif 2.Menyelesaikan proyek berupa pembuatan poster dengan motif-motif kain tapis yang diintegrasikan dengan konsep transformasi geometri secara tepat. B. Rancangan Pengembangan Bahan Belajar (RPBB)Tahap ini adalah penjabaran lingkup materi yang akan dikembangkan menjadi sebuah
Read MoreJudul Artikel
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam accumsan lacus eget velit
Profession
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam accumsan lacus eget velit
Profession
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam accumsan lacus eget velit
Profession
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam accumsan lacus eget velit
Profession
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam accumsan lacus eget velit
Profession
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam accumsan lacus eget velit
Profession
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam accumsan lacus eget velit