Email

disdikbud.kota@bandarlampungkota.go.id

Telepon

0721 253752


SMP N 32 BANDAR LAMPUNG

Akreditasi

" C "

NPSN

69947557

Jumlah Guru

61

Jumlah Siswa

891

Kata Pengantar

Tahap rancang bangun diawali dengan studi literatur tentang video pembelajaran, baik dari jenisnya, kelebihan dan kekurangan serta perkembangannya. Juga dilakukan observasi melalui angket dan wawancara kepada guru dan siswa. Berdasarkan studi literatur dan hasil observasi , serta dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik , maka dipilihlah jenis video yang akan digunakan yaitu video yang berbasis animasi, dengan animasi guru berbicara yang diisi suara guru.Langkah selanjutnya peneliti menetapkan aplikasi yang akan dipakai untuk membuat video animasi tersebut yaitu aplikasi kinemaster priemer tujuannya agar lebih mobile. Dengan pertimbangan kemudahan siswa dalam mengaksesnya, kesesuaian dengan tujuan pembelajaran dan yang terpenting kemampuan guru menggunakan aplikasi tersebut selain karena faktor ekonomis yaitu kinemaster primer ini free dan tanpa watermark.Dalam merencanakan konten video pembelajaran dilakukan dengan tahapan berikut: A. Penyusunan Garis-Garis Besar Isi Media (GBIM)Dalam tahap ini dilakukan pemetaan materi dan tujuan pembelajaran. Materi yang dipilih dalam pembelajaran matematika kali ini adalah materi Transformasi geometri kompetensi dasar:3.5 Menjelaskan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi dan dilatasi) yang dihubungkan dengan masalah kontekstual. 4.5 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi dan dilatasi).Dan tujuan pembelajarannya adalah :Setelah mengikuti proses pembelajaran berbasis Project Based Learning, peserta didik dapat:1.Menyajikan hasil pembelajaran tentang transformasi (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi) dalam bentuk poster kreatif 2.Menyelesaikan proyek berupa pembuatan poster dengan motif-motif kain tapis yang diintegrasikan dengan konsep transformasi geometri secara tepat. B. Rancangan Pengembangan Bahan Belajar (RPBB)Tahap ini adalah penjabaran lingkup materi yang akan dikembangkan menjadi sebuah

Read More

Galery Produk & Inovasi

Foto Inovasi

Berikut gambaran produk dan Inovasi yang di kembangkan olah Sekolah

Read More

Vidio Inovasi & Produk

Berikut Vidio produk dan Inovasi yang di kembangkan olah Sekolah

Read More

Inovasi Guru

Berikut Produk dan Inovasi yang di kembangkan olah guru

Learn More

Naskah Inovasi

Tahap rancang bangun diawali dengan studi literatur tentang video pembelajaran, baik dari jenisnya, kelebihan dan kekurangan serta perkembangannya. Juga dilakukan observasi melalui angket dan wawancara kepada guru dan siswa. Berdasarkan studi literatur dan hasil observasi , serta dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik , maka dipilihlah jenis video yang akan digunakan yaitu video yang berbasis animasi, dengan animasi guru berbicara yang diisi suara guru.Langkah selanjutnya peneliti menetapkan aplikasi yang akan dipakai untuk membuat video animasi tersebut yaitu aplikasi kinemaster priemer tujuannya agar lebih mobile. Dengan pertimbangan kemudahan siswa dalam mengaksesnya, kesesuaian dengan tujuan pembelajaran dan yang terpenting kemampuan guru menggunakan aplikasi tersebut selain karena faktor ekonomis yaitu kinemaster primer ini free dan tanpa watermark.Dalam merencanakan konten video pembelajaran dilakukan dengan tahapan berikut: A. Penyusunan Garis-Garis Besar Isi Media (GBIM)Dalam tahap ini dilakukan pemetaan materi dan tujuan pembelajaran. Materi yang dipilih dalam pembelajaran matematika kali ini adalah materi Transformasi geometri kompetensi dasar:3.5 Menjelaskan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi dan dilatasi) yang dihubungkan dengan masalah kontekstual. 4.5 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi dan dilatasi).Dan tujuan pembelajarannya adalah :Setelah mengikuti proses pembelajaran berbasis Project Based Learning, peserta didik dapat:1.Menyajikan hasil pembelajaran tentang transformasi (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi) dalam bentuk poster kreatif 2.Menyelesaikan proyek berupa pembuatan poster dengan motif-motif kain tapis yang diintegrasikan dengan konsep transformasi geometri secara tepat. B. Rancangan Pengembangan Bahan Belajar (RPBB)Tahap ini adalah penjabaran lingkup materi yang akan dikembangkan menjadi sebuah
Dengan dibuatnya produk inovasi berupa video pembelajaran di masa darurat Covid-19, guru memiliki tujuan :1. Melaksanakan pembelajaran jarak jauh sesuai dengan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang dituangkan dalam surat edaran no 4 tahun 2020 yaitu belajar dari rumah (BDR) dengan pembelajaran yang bermakna, belajar materi esensial dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek yang sederhana, tanpa membebani siswa.2. Memotivasi diri guru sendiri untuk berkembang dan mampu menyajikan pembelajaran berbasis IT kepada siswanya, seperti dengan video pembelajaran berbasis animasi ini.3. Memberikan pengalaman baru pada siswa dengan membuat proyek yang terkait dengan warisan budaya berupa kain tapis lampung.4. Ikut melestarikan warisan budaya lampung melalui pembelajaran.
Manfaat yang diperoleh setidaknya ada 2 bagian:a. Manfaat langsung1. Memberikan wawasan dan pengalaman baru bagi siswa mengorganisir sebuah proyek yang bersumber dari lingkungannya. 2. Memberi kesempatan siswa untuk mengenal lebih dalam tentang tapis Lampung 3. Melatih siswa untuk peduli dengan budaya Lampung khususnya kain tapis3. Melatih siswa membuat desain kreatif dari motif tapis dengan konsep transformasi geometri. b. Manfaat tidak langsung1. Secara tidak langsung, produk inovasi ini telah ikut melestarikan kebudayaan khas Lampung khususnya kain tapis.2. Secara tidak langsung, pembelajaran matematika yang mengintegrasikan konsep transformasi geometri dengan motif tapis Lampung membuka wawasan siswa bahwa pembelajaran matematika tidak melulu hitungan yang abstrak tetapi terkait juga dengan lingkungan di sekitarnya.3. Secara tidak langsung dapat menumbuhkan dan memberi ruang dalam peningkatan life skill siswa
Video pembelajaran yang menjadi produk inovasi ini dapat ditonton melalui youtube dengan link https;//youtu.be/y9Kaw1Dugro dengan judul “Proyek Transformasi Geometri, matematika kelas 9 SMP”.
Read More

Artikel Guru

Subscribe Our Newsletter