Email

disdikbud.kota@bandarlampungkota.go.id

Telepon

0721 253752


SMP NEGERI 20 BANDAR LAMPUNG

Akreditasi

" A "

NPSN

10807210

Jumlah Guru

75

Jumlah Siswa

917

Kata Pengantar

Sebagai lembaga yang melayani masyarakat dunia pendidikan mempunyai karakteristik dinamis, hal ini disebabkan masyarakat memiliki kebutuhan serubah-rubah. termasuk kebutuhan mengenali dan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber media untuk belajar. Itulah yang menyebabkan diperlukannya pendidikan pada inisiatif individu dalam belajar. Belajar mandiri adalah suatu kondisi dimana seseorang mengambil inisiatif dengan ataupun tanpa bantuan orang lain baik dalam mendiagnosa kebutuhan belajarnya, menemutunjukkan sumber manusia dan sumber bahan untuk kepentingan belajarnya, serta memilih dan melaksanakan strategi belajar yang cocok , serta mengevaluasi hasil belajarnya yang dikembangkan di SMP NEGERI 20 BANDAR LAMPUNG. Kepala sekolah bekerjasama dengan Waka SarPras SMP NEGERI 20 BANDAR LAMPUNG. Berusaha berinovasi mengembangkan kreatifitas model apa yang dapat membangun aktivitas yang bermakna dan menyenangkan. Bagi siswa yang cepat berpeluang untuk memperoleh kegiatan pengayaan dan bagi yang lambat dapat memperoleh kegiatan perbaikan dengan memanfaatkan bahan, media, teknik yang ada dalam sumber belajar. Siswa dan guru dapat lebih akrab dengan lingkungan. Guru harus berusaha memfasilitasi siswa agar lebih banyak mengalami belajar bersama dengan berbagai macam karakter manusia sehingga siswa lebih siap saat terjun ke dalam masyarakat. Salah satu contoh yang dapat dilakukan adalah dengan membentuk kelompok belajar siswa. Siswa dikelompokkan menjadi kelompok-kelompok kecil yang terbagi berdasarkan kelas masing-masing. Tugas diberikan sesuai dengan tingkatan kelas. Diharapkan dalam kelompok, siswa dapat mengaktualisasikan diri dan melalui kegiatan belajar dalam kelompok, siswa diharapkan memperoleh banyak hal antara lain pengetahuan dan keterampilan lebih banyak karena mereka dapat belajar dari sesama teman. Semua dapat dilakukan dengan menggembangkan keunggulan lulusan baik dari segi Iptek maupun Imtaq. Pelaksanaan program pemanfaatan lingkungan sebagai media sumbur belajar di SMP NEGERI 20 BANDAR LAMPUNG dilaksanakan terpisah dari kurikulum pembelajaran, dan dilaksanakan sebelum pembelajaran dan setelah proses pembelajaran selesai. Sedangkan pelaksanaan pemanfaatan lingkungan diatur dalam waktu selain kegiatan belajar mengajar.Sumber belajar merupakan pengalaman-pengalaman yang pada dasarnya sangat luas, yakni seluas kehidupan yang mencakup segala sesuatu yang dapat dialami dan yang dapat menimbulkan peristiwa belajar

Read More

Galery Produk & Inovasi

Foto Inovasi

Berikut gambaran produk dan Inovasi yang di kembangkan olah Sekolah

Read More

Vidio Inovasi & Produk

Berikut Vidio produk dan Inovasi yang di kembangkan olah Sekolah

Read More

Inovasi Guru

Berikut Produk dan Inovasi yang di kembangkan olah guru

Learn More

Naskah Inovasi

Sebagai lembaga yang melayani masyarakat dunia pendidikan mempunyai karakteristik dinamis, hal ini disebabkan masyarakat memiliki kebutuhan serubah-rubah. termasuk kebutuhan mengenali dan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber media untuk belajar. Itulah yang menyebabkan diperlukannya pendidikan pada inisiatif individu dalam belajar. Belajar mandiri adalah suatu kondisi dimana seseorang mengambil inisiatif dengan ataupun tanpa bantuan orang lain baik dalam mendiagnosa kebutuhan belajarnya, menemutunjukkan sumber manusia dan sumber bahan untuk kepentingan belajarnya, serta memilih dan melaksanakan strategi belajar yang cocok , serta mengevaluasi hasil belajarnya yang dikembangkan di SMP NEGERI 20 BANDAR LAMPUNG. Kepala sekolah bekerjasama dengan Waka SarPras SMP NEGERI 20 BANDAR LAMPUNG. Berusaha berinovasi mengembangkan kreatifitas model apa yang dapat membangun aktivitas yang bermakna dan menyenangkan. Bagi siswa yang cepat berpeluang untuk memperoleh kegiatan pengayaan dan bagi yang lambat dapat memperoleh kegiatan perbaikan dengan memanfaatkan bahan, media, teknik yang ada dalam sumber belajar. Siswa dan guru dapat lebih akrab dengan lingkungan. Guru harus berusaha memfasilitasi siswa agar lebih banyak mengalami belajar bersama dengan berbagai macam karakter manusia sehingga siswa lebih siap saat terjun ke dalam masyarakat. Salah satu contoh yang dapat dilakukan adalah dengan membentuk kelompok belajar siswa. Siswa dikelompokkan menjadi kelompok-kelompok kecil yang terbagi berdasarkan kelas masing-masing. Tugas diberikan sesuai dengan tingkatan kelas. Diharapkan dalam kelompok, siswa dapat mengaktualisasikan diri dan melalui kegiatan belajar dalam kelompok, siswa diharapkan memperoleh banyak hal antara lain pengetahuan dan keterampilan lebih banyak karena mereka dapat belajar dari sesama teman. Semua dapat dilakukan dengan menggembangkan keunggulan lulusan baik dari segi Iptek maupun Imtaq. Pelaksanaan program pemanfaatan lingkungan sebagai media sumbur belajar di SMP NEGERI 20 BANDAR LAMPUNG dilaksanakan terpisah dari kurikulum pembelajaran, dan dilaksanakan sebelum pembelajaran dan setelah proses pembelajaran selesai. Sedangkan pelaksanaan pemanfaatan lingkungan diatur dalam waktu selain kegiatan belajar mengajar.Sumber belajar merupakan pengalaman-pengalaman yang pada dasarnya sangat luas, yakni seluas kehidupan yang mencakup segala sesuatu yang dapat dialami dan yang dapat menimbulkan peristiwa belajar
TUJUAN Tujuan penyelenggaraan program pemanfaatan lingkungan sebagai media sumber belajar adalah: 1. Mengatasi kebosanan siswa dalam belajar 2. Memberikan suasana belajar yang unik bagi siswa 3. Memperluas wawasan berfikir siswa dan meningkatkan prestasi siswa. 4. Untuk menunjang pelaksanaan program ketahanan pangan.
Manfaat Pelaksanaan Inovasi 1. Membantu orang tua siswa mengurangi pengeluaran. 2. Pembiasaan siswa dalam bercocok tanam. 3. Meningkatkan cadangan pangan. 4. Meningkatkan produktivitas sayuran 5. Mengurangi sampah dan melestarikan lingkungan
Panen tanaman pangan seperti terong ungu, cabe, ikan nila, rampai. Siswa memperoleh pembelajaran dari proses pemanfaatan lingkungan dengan ikut serta menanam tanaman pangan
Read More

Artikel Guru

Subscribe Our Newsletter