No | Judul | Nama Sekolah | Deskripsi | Tahun Inovasi | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Latihan Praktik Pembelajaran Berbabis Video Kreatif Siswa | SMP NEGERI 29 BANDAR LAMPUNG | Latihan praktik pembelajaran berbasis video kreatif siswa dilatarbelakangi perkembangan teknologi yang menuntut siswa selalu menggunakan gadget sebagai penunjang pembelajaran. Perkembangan teknologi ini memberikan dampak positif dalam pembelajaran. Seperti, kemudahan yang… | 2022 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2 | Literasi Sekolah Berbasis Digital (Spanda Literasi) | SMP NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG | Menghadapi era digital 5.0 masyarakat harus mempersiapkan diri untuk menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir di era Revolusi industri 4.0 seperti Internet on Things… |
2021 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3 | FRESH ( Friday Recitation, Speech, and Hadroh) | SMP NEGERI 11 BANDAR LAMPUNG | FRESH yang merupakan akronim dari Friday Recitation, Speech, and Hadroh merupakan program sekolah dengan tujuan mewujudkan lingkungan sekolah yang religius, beriman dan bertakwa sebagai implementasi sila pertama dalam Pancasila. Sebagai… | 2022 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4 | Spanda-Exam : Transformasi Ujian ke Era Digital | SMP NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG |
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
5 | CLOTHES | SMP NEGERI 11 BANDAR LAMPUNG | Class meeting of the last semester atau yang disingkat CLOTHES adalah kegiatan ko kurikuler yang dilaksanakan sebagai penutup kegiatan semester di SMPN 11 Bandar Lampung. Kegiatan yang dilakukan selama tiga… | 2023 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
6 | PEMANFAATAN QR-CODE SEBAGAI MEDIA MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) DALAM MENYONGSONG BONUS DEMOGRAFI 5.0 KELAS 7 SMP NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG | SMP NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG | Dunia Pendidikan di era saat ini tidak bisa terlepas dari terus berkembangnya penggunaan teknologi karena dapat kita lihat semua aktivitas sudah berbasis pada penggunaan teknologi canggih. Beberapa teknologi yang sudah… | 2021 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
7 | Handsalam (Hand Sanitizer Alami Daun Sirih dan Buah Jeruk Nipis) | SMP NEGERI 39 BANDAR LAMPUNG | Sebagian besar siswa SMPN 39 Bandar Lampung belum menerapkan mencuci tangan yang dianjurkan oleh pemerintah menggunakan hand sanitizer maupun sabun sebagai upaya… |
2022 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
8 | Film Pelajar | SMP NEGERI 17 BANDAR LAMPUNG | Film merupakan sebuah medium komunikasi audio visual yang tak hanya memberikan hiburan, tapi juga menawarkan informasi, dan bahkan bisa menyentuh emosi penontonnya. Film adalah media audio visual yang menggabungkan… |
2022 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
9 | SKSD (Sukses Kegiatan Shalat Dhuha) | SMP N 34 BANDAR LAMPUNG | Menanamkan karakter beriman bagi peserta didik diperlukan secara berkesinambungan baik dari dalam diri peserta didik sendiri atau dari lingkungan sekitarnya. Tanpa bimbingan yang tepat peserta didik akan ke arah yang… | 2022 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
10 | Penanggulangan Krismol melalui Kegiatan Mabit. | SMP NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG | SMP Negeri 13 Bandar Lampung melakukan salah satu terobosan inovasi terbaru dalam hal penanganan krisis moral siswa melalui kegiatan Mabit (malam bina… |
2023 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
11 | BINA IMAN TAQWA SPANDALA WUJUDKAN GENERASI EMAS 2045 | SMP NEGERI 25 BANDAR LAMPUNG | Tahun 2045 Indonesia akan mencapai usia emasnya yaitu 100 tahun kemerdekaan. Potensi kemajuan ekonomi Indonesia dari bonus demografi 2045 perlu dibarengi dengan pendidikan karakter untuk membangun jati diri, mentalitas, integritas,… | 2021 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
12 | KATUP BOBA SPANDALA (Kerajinan Tutup Botol Serbaguna SMPN 25) | SMP NEGERI 25 BANDAR LAMPUNG | Bertambahnya jumlah sampah memberikan dampak buruk pada lingkungan. Di sekitar kita banyak sekali sampah plastik yang dihasilkan dari pembungkus makanan/minuman. Plastik ini sangat sulit terurai sehingga jika dibuang begitu saja… | 2021 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
13 | KEPAK MERPATI 26 | SMP NEGERI 26 BANDAR LAMPUNG | Pemerintah melalui Kementerian Pendidkan dan Kebudayaan mencanagkan Program Merdeka Belajar. Langkah itu diambil untuk mentransformasi pendidikan… |
2022 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
14 | Pengolahan Limbah Pertanian Menjadi BioBriket dengan Perekat Kulit Pisang | SMP N 5 BANDAR LAMPUNG | Seiring bertambahnya jumlah penduduk dan sektor industri, maka diikuti pula dengan bertambahnya kebutuhan energi¸sedangkan cadangan energi fosil yang tersedia semakin berkurang. Untuk itu, peralihan penggunaan energi fosil menuju Energi Baru… | 2022 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
15 | MARKIZAH (MARI KITA URUS JENAZAH) | SMP NEGERI 21 BANDAR LAMPUNG | MARKIZAH merupakan akronim dari Mari Kita Urus Jenazah yang menjadi kegiatan inovasi pendidikan akhlak yang diadakan UPT SMPN 21 Bandar Lampung. Taqwa, Cerdas, dan Berkarakter menjadi visi sekolah yang ingin… | 2022 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
16 | AKU JOS 26 (AGENDA KHUTBAH JUMAT OLEH SISWA SMPN 26 BANDAR LAMPUNG) | SMP NEGERI 26 BANDAR LAMPUNG | Pemerintah melalui Kementerian Pendidkan dan Kebudayaan mencanagkan Program Merdeka Belajar. Langkah itu diambil untuk mentransformasi pendidikan demi terwujudnya sumber daya manusia (SDM) unggul Indonesia yang memiliki Profil Pelajar Pancasila, tyang… | 2022 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
17 | AJANG KOLABORASI SENI DAN INOVASI (AKSI) SMP NEGERI 31 BANDAR LAMPUNG | SMP NEGERI 31 BANDAR LAMPUNG | Pendidikan akan menciptakan manusia yang lebih baik dari masa ke masa, dengan kemampuan mereka masing-masing yang turut berkembang selama mereka belajar akan suatu hal tertentu. Pendidikan : Pendidikan adalah sesuatu yang… | 2021 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
18 | Taman Eksplorasi Berbasis QRCode | SMP NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG | Awal mula inovasi Taman Eksplorasi berbasis QRcode ini dimulai dari awal 2022 yang dipelopori oleh ekskul Karya Inovasi Sekolah (KIR). Ide dibentuknya Inovasi Taman Eksplorasi berbasis QRcode ini adalah meneruskan… | 2022 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
19 | GERAKAN LITERASI SEKOLAH | SMP NEGERI 20 BANDAR LAMPUNG | Dalam rangka memberantas buta aksara, meningkatkan minat baca, menumbuhkan budaya literasi masyarakat, dan meningkatkan daya saing bangsa melalui program penguatan pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencanangkan Gerakan Literasi Nasional (GLN)… | 2022 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
20 | OPTIMALISASI LAHAN SEMPIT MELALUI HIDROPONIK DENGAN PENGUATAN PELAJAR PANCASILA | SMP N 32 BANDAR LAMPUNG | Lahan sempit di daerah perkotaan sering menjadi kendala dalam mengembangkan kegiatan pertanian atau budidaya tanaman secara konvensional. Namun, dengan menggunakan metode hidroponik sistem Deep Flow Technique (DFT), lahan sempit dapat… | 2022 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
21 | HANDUK BEKAS MENJADI POT KEMBANG | SMP N 8 BANDAR LAMPUNG | Sampah memang menjadi masalah besar, terutama jika tidak ditangani dengan baik. Namun ternyata, dengan ide yang kreatif dan inovatif, sampah dapat diubah menjadi barang-barang yang memiliki nilai guna dan jual… | 2021 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
22 | Pemanfaatan Limbah Ecobrick | SMP N 12 BANDAR LAMPUNG | Sampah merupakan masalah yang masih menjadi isu di tengah masyarakat khususnya di lingkungan sekolah,termasuk dalam pengelolaan. Jika dibiarkan maka akan menjadi limbah karena tidak bisa terurai dalam tanah yang mengakibatkan… | 2022 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
23 | PENGGUNAAN AUGMENTED REALITY TECHNOLOGY SEBAGAI KONTEN MICROSITE UNTUK PORTOFOLIO KARYA SISWA SMPN 42 BANDAR LAMPUNG PADA ERA GLOBAL SOCIETY 5.0 | SMP NEGERI 42 BANDAR LAMPUNG | Dalam rangka mewujudkan pelayanan kepada siswa secara professional, efektif, efisien dan menyenangkan sebagai upaya implementasi kurikulum merdeka di satuan pendidikan. Sebagaimana dimaksud bahwa pembelajaran di kelas haruslah menyenangkan serta bermanfaat… | 2022 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
24 | TERKESIMA (Terapkan Kebiasaan Siswa Menanam) | SMP NEGERI 37 BANDAR LAMPUNG | Lingkungan sekolah adalah tempat yang sangat penting dan berpengaruh dalam mempersiapkan bekal bagi peserta didik dalam menjalani kehidupannya di masa depan. Selain pengetahuan akademik peserta didik juga perlu dibekali dengan… | 2022 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
25 | JASUKE CERIA | SMP NEGERI 43 BANDAR LAMPUNG | Untuk memberikan layanan kebutuhan dan tuntutan masa depan peserta didik agar menjadi insan yang memiliki kemampuan daya saing di era generasi 4.0, dengan tetap menjunjung tinggi nilai luhur bangsa yang… | 2022 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
26 | D'JUSI SPANTALA | SMP NEGERI 38 BANDAR LAMPUNG | SMPN 38 Bandar Lampung merupakan sekolah yang berdiri pada tahun 2019. Diusianya yang masih belia ini besar harapan akan mudahnya akses informasi terkait kegiatan sekolah ke masyarakat. Kurikulum merdeka yang… | 2022 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
27 | Pembelajaran Model Discovery Learning Berbasis Microsoft Sway Saat PTM Terbatas | SMP N 34 BANDAR LAMPUNG | Keberhasilan pembelajaran pada saat PTM terbatas dapat diukur dari sejauh mana para pendidik melaksanakan proses pembelajaran tersebut.. Sebagai salah satu komponen dalam pembelajaran, model pembelajaran memegang peranan penting dalam kegiatan… | 2021 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
28 | INOVASI MODEL PEMBELAJARAN GAMIFICATION BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENT (AI) MELALUI MEDIA APLIKASI QUIZWHIZZER DI SMP NEGERI 28 BANDAR LAMPUNG PADA ERA SOCIETY 5.0 | SMP NEGERI 28 BANDAR LAMPUNG |
| 2021 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
29 | ELIB SPANDAWA | SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG | Kondisi pandemi Covid-19 yang berdampak pada proses pembelajaran di sekolah mengharuskan berbagai pihak mengikuti alur yang dapat ditempuh agar pembelajaran dan pendidikan tetap dapat berlangsung. Sejak Maret 2020 Pemerintah Daerah… | 2021 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
30 | KEBERMANFAATAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS INTRANET PADA PROSES PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI LINGKUNGAN SEKOLAH KOTA BANDAR LAMPUNG | SMP NEGERI 16 BANDAR LAMPUNG | Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana langkah yang diambil oleh civitas academica SMPN 16 Bandar Lampung dalam menyikapi masalah kegiatan pembelajaran yang terhambat selama masa pandemi Covid-19. Pembelajaran yang semestinya… | 2021 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
31 | PESAN BULAN (PENTAS SENI BUDAYA LAMPUNG) | SMP NEGERI 18 BANDAR LAMPUNG | Program Inovasi Pesan Bulan (Program Pentas Seni Budaya Lampung) yang dilakukan untuk mengembangkan keterampilan berinteraksi… |
2022 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
32 | BANGIK TEMEN DIGILIB (Bangun Ide Kreatif Literasi Menguatkan Numerasi berbasis Digital Library) | SMP NEGERI 40 BANDAR LAMPUNG | Program yang sekolah rancang adalah “Peningkatan Literasi Dan Numerisasi berbasis Digital Library” dimana akan memilih buku bacaan sesuai dengan minat dan keinginan mereka yang termasuk pada pembelajaran berdiferensiasi. Bangik Temen… | 2022 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
33 | Aplikasi Pak RT “Pendidikan Anak Berkarakter, Ramah dan Tanggung Jawab” | SMP NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG |
| 2023 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
34 | GERUP BETA (GERakan HidUP Bersih sEhaT dan gembirA) | SMP N 23 BANDAR LAMPUNG | Pendidikan adalah tempat bersemayamnya benih benih kebudayaan dalam masyaraat. Ki Hadjar Dewantara memiliki keyakinan bahwa untuk menciptakan manusia Indonesia yang beradap maka Pendidikan menjadi salah satu kunci utama untuk mencapainya.… | 2021 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
35 | MARKISA (Mari Kita Olah Sampah) | SMP NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG | Permasalahan sampah plastik selalu menjadi masalah utama dalam pecemaran lingkungan. Sifat dari sampah plastik adalah memiliki bahan yang tidak mudah terurai, bersifat karsinogenik dan proses pengolahannya menimbulkan toksit, butuh waktu… | 2022 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
36 | SPANTAGA YOUTUBE CHANNEL | SMP N 33 BANDAR LAMPUNG |
| 2021 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
37 | PENGGUNAKAN QUIZIZZ SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN ONLINE | SMP NEGERI 44 BANDAR LAMPUNG | Latar Belakang Pada awal tahun ajaran 2020/2021 hampir diseluruh dunia tidak terkecuali di Indonesia mengalami masa pandemic Covid 19 yang mengharuskan sekolah-sekolah mengadakan kegiatan belajar mengajar secara daring. Untuk itu… | 2021 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
38 | Menari Dansa - Menabung Air Bersih dari Alam untuk Masa Depan | SMP NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG | Menjaga keseimbangan lingkungan diperlukan agar lingkungan tetap lestari dan dapatbermanfaat bagi generasi berikutnya. Oleh karena itu generasi masa kini harus mengetahui caramenjaga keseimbangan lingkungan. Cara menjaga keseimbangan lingkungan pada dasarnyamelakukan… | 2022 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
39 | Bina Adab dan Tilawah Qur'an Al Kautsar Lampung | SMP AL KAUTSAR | Dasar hukum inovasi 1. Dalil Q.S Luqman ayat 12-47 Tentang Pendidikan Karakter 2. Perpres NO.87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter 3. Salah satu karakter dalam P5 adalah berahlak mulia 4. Visi Yayasan Al… |
2022 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
40 | PINTAR BRO (PESTISIDA NABATI DARI DAUN BINTARO) | SMP NEGERI 27 BANDAR LAMPUNG | Pestisida saat ini digunakan secara luas di bidang Pertanian, pada umumnya petani menggunakan pestisida kimia yaitu biosida yang tidak saja bersifat racun terhadap jasad pengganggu sasaran, namun juga… |
2022 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
41 | Jubah Inspirasi | SMP NEGERI 45 BANDAR LAMPUNG | Menurunnya rasa simpati dan rasa kebersamaan akibat pandemi Covid-19, sehingga peserta didik menjadi pribadi yang lebih individualis serta ego lebih tinggi. Dampak dari pembelajaran yang dilakukan secara daring mengakibatkan mereka… | 2022 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
42 | Bijak Berteknologi dalam Memanfaatkan Media Sosial pada Kegiatan Belajar Mengajar | SMP N 1 BANDAR LAMPUNG | Rancang Bangun Inovasi |
2022 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
43 | SULIPUNG (SULAM LIDAH PENGANTIN LAMPUNG) | SMP NEGERI 36 BANDAR LAMPUNG | Tahap Pembuatan Inovasi |
2021 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
44 | PENGOLAHAN KACA BEKAS (PKB) | SMP N 4 BANDAR LAMPUNG | Dalam kehidupan didapati banyak tantangan hidup yang harus diatasi, dihadapi bahkan diselesaikan. |
2023 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
45 | SISTEM PELAYANAN INFORMASI PESERTA DIDIK & PENDIDIK (TEMAN SIDIK) SMPN 42 BANDAR LAMPUNG | SMP NEGERI 42 BANDAR LAMPUNG | Dalam rangka mewujudkan pelayanan kepada siswa, guru, orang tua dan warga sekolah lainnya secara professional, efektif, efisien dan menyenangkan sebagai upaya implementasi kurikulum merdeka di satuan pendidikan. Sebagaimana dimaksud bahwa… | 2023 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
46 | INDAH BERSULAM (Kerajinan Lidah Beretnik Suku Lampung) SMP Negeri 26 Bandar Lampung | SMP NEGERI 26 BANDAR LAMPUNG | Pemerintah melalui Kementerian Pendidkan dan Kebudayaan mencanangkan Program Merdeka Belajar. Langkah itu diambil untuk mentransformasi pendidikan demi terwujudnya sumber daya manusia (SDM) unggul Indonesia yang memiliki Profil Pelajar Pancasila.… |
2023 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
47 | TEPA SELIRA (Tanamkan Etos, Passion, Antusiasme Siswa Lewat Kalimat Mutiara) SMP Negeri 26 Bandar Lampung | SMP NEGERI 26 BANDAR LAMPUNG | Sejak Kurikulum Merdeka mulai diterapkan pada awal tahun ajaran 2022/2023 di SMPN 26 Bandar Lampung, pihak sekolah langsung melakukan penyesuaian dalam proses pembelajaran. Pihak sekolah pun melakukan berbagai cara untuk… |
2023 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
48 | Qrcode Attendance System Siswa dan Guru Mengajar | SMP NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG | 1. Analisis Kebutuhan a. Hardware:
b. Software:
|
2022 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
49 | KARTUM DIGITAL (Kartu Praktikum Digital) | SMP NEGERI 17 BANDAR LAMPUNG | Abad ke-21 merupakan era perubahan zaman menjadi lebih modern yang ditandai dengan pesatnya perkembangan pengetahuan dan teknologi. Perubahan ini menyebabkan timbulnya sejumlah tantangan baru yang perlu diatasi. Sebagai upaya untuk… | 2023 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
50 | MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL SISWA MELALUI ROSANDALUH BASNET (RADIO SPANDALUH BERBASIS INTERNET) | SMP NEGERI 20 BANDAR LAMPUNG |
| 2023 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
51 | Penerapan Blended Learning untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran | SMP NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG | Penerapan Blended Learning pada mulanya dilakukan sebagai bentuk upaya tindakan preventif sekolah terhadap tetjadinya learning loss akibat pandemi Covid 2019. Blended Learning menurut Mosa (dalam Rusman, 2011) adalah perpaduan antara dua unsur… |
2021 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
52 | LARVA PRO (LATIH LITERASI NUMERASI MENGGUNAKAN CANVA PRO) | SMP NEGERI 43 BANDAR LAMPUNG | LARVA PRO. Mengapa harus Larva? Hal yang paling dikenal dan menjadi inspirasi bagi manusia ialah METAMORFOSIS pada kupu-kupu. Sebelum menjadi kupu-kupu yang indah, pada awalnya merupakan telur larva dan kepompong… | 2023 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
53 | MALIMBO PONIK (Pemanfaatan limbah botol untuk tanaman hidroponik) | SMP NEGERI 17 BANDAR LAMPUNG | Permasalahan sampah menjadi masalah Bersama di dunia, produk makanan dan minuman kemasan siap saji mengakibatkan timbunan sampah yang mengakibatkan pencemaran lingkungan.… |
2023 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
54 | GEMANUSA | SMP NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG | Merancang bangun gerakan membangun nurani siswa adalah inisiatif yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai moral dan etika pada siswa, sehingga mereka tumbuh menjadi individu yang berintegritas… |
2020 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
55 | Spanda E-Library | SMP NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG | Untuk merancang dan membangun aplikasi SPANDA E-Library, langkah-langkahnya dapat dibagi menjadi beberapa tahap utama: 1. Analisis Kebutuhan
|
2022 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
56 | INOVASI MODEL PEMBELAJARAN GAMIFICATION BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENT (AI) MELALUI MEDIA APLIKASI QUIZWHIZZER DI SMP NEGERI 28 BANDAR LAMPUNG PADA ERA SOCIETY 5.0 | SMP NEGERI 28 BANDAR LAMPUNG |
| 2022 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
57 | DUNIA JUMANJI (Dukung Niat Anak, Jumat Aktif Mengaji) | SMP NEGERI 37 BANDAR LAMPUNG | Ada banyak kegiatan positif yang dapat dilakukan untuk membentuk karakter yang baik pada masa-masa perkembangan anak. Salah satu karakter yang dapat dibentuk sedini mungkin adalah karakter mencintai Al Quran. Belajar… | 2022 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
58 | SI ASIK HAJI (SIMULASI MANASIK HAJI) | SMP NEGERI 21 BANDAR LAMPUNG | Berdasarkan survei yang dilakukan kepada peserta didik, ternyata masih banyak peserta didik yang belum paham mengenai ibadah haji. Kurangnya kemampuan peserta didik dalam materi doa-doa serta bacaan dalam melaksanakan rukun… | 2023 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
59 | SEIKAT LIDI LAMPUNG (SEBUAH KARYA TERAMPIL LIDAH DEKORASI LAMPUNG) | SMP NEGERI 21 BANDAR LAMPUNG | Kegiatan inovasi SEIKAT LIDI LAMPUNG adalah akronim dari Sebuah Karya Terampil Lidah Dekorasi Lampung merupakan kegiatan inovasi yang berisikan mengenai pembuatan kerajinan kain lidah tapis khas Lampung. Kegiatan ini merupakan… | 2023 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
60 | RAGA SPAGAPAT | SMP N 34 BANDAR LAMPUNG | Rampak Galon merupakan sebuah inovasi dalam bidang seni musik yang menggabungkan unsur tradisional dan modern. Konsep ini mengadopsi alat musik sederhana, yaitu galon air bekas, sebagai instrumen utama. Galon-galon digunakan… | 2023 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
61 | ECO PRINT | SMP N 34 BANDAR LAMPUNG | Eco print, atau cetak alami, adalah teknik seni yang menggunakan bahan-bahan organik seperti daun, bunga, dan kulit kayu untuk menciptakan pola dan desain pada kain atau kertas. Teknik ini memanfaatkan… | 2023 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
62 | UPTENSISWEB SPANDAWA | SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG | Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat serta penggunaan web sebagai platform untuk menyajikan berbagai informasi kini menjadi begitu penting. Di era digital masa kini yang… |
2022 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
63 | ABSENSI SISWA BERBASIS ONLINE PESERTA DIDIK (SENSI BERONTAK) SMPN 42 BANDAR LAMPUNG | SMP NEGERI 42 BANDAR LAMPUNG |
|