" A "
10807209
75
914
Menghadapi era digital 5.0 masyarakat harus mempersiapkan diri untuk menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir di era Revolusi industri 4.0 seperti Internet on Things (internet untuk segala sesuatu), Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), Big Data (data dalam jumlah besar), dan robot untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Masyarakat 5.0 juga dapat diartikan sebagai sebuah konsep masyarakat yang berpusat pada manusia dan berbasis teknologi. Sebagai seorang pendidik di era Revolusi industry 4.0, kita mempunyai beban dan tanggung jawab untuk melahirkan siswa-siswa yang siap menghadapi era digital 5.0 tersebut.
Berdasarkan hal tersebut maka program literasi digital ini dibuat. Siswa diharapkan ikut andil dalam perkembangan zaman yang berorientasi pada teknologi. Dengan mengambil peran berkarya seperti mereview buku/film/isu dalam bentuk tulisan maupun video pada ruang web khusus literasi sekolah diharapkan siswa terbiasa dengan kemajuan teknologi dan dapat memanfaatkannya untuk hal-hal yang berguna untuk menambah khasanah wawasan mereka daripada hanya bermain game online. Selain itu, dengan program literasi digital ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan bernalar kritis siswa, meningkatkan minat baca, dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi lisan dan tulis.
Spnda Literasi dirancang karena beberapa fakta yang muncul di lapangan sebagai dampak dari learning loss akibat pandemi COVID-19. Pembelajaran Jarak Jauh yang berlangsung lebih dari dua tahun tentunya memberi dampak pada siswa baik positif maupun negatif. Sebagai dampak positif, siswa dapat mengeksplorasi teknologi tetapi dampak negatifnya siswa belum bijak memanfaatkannya seperti memanfaatkan teknologi untuk bermain game online. Melihat hal ini, kami merancang program untuk menggunakan teknologi dalam program Gerakan Literasi Sekolah. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca siswa, kemampuan teknologi, dan juga mampu bernalar kritis terhadap bacaa, film, atau isu yang sedang berkembang saat ini.
Melihat perkembangan animo siswa dalam mereview buku, maka SPANDA Literasi bukan hanya sebagai tempat mereview atau mencari sinopsis berbagai buku, tetapi juga tempat untuk menuangkan karya siswa dan guru, termasuk di dalamnya karya ilmiah.
Spanda Literasi dapat diakses oleh masyarakat luas, dimanapun berada untuk mendapatkan referensi bacaan, film, maupun tulisan karya siswa dan guru SMPN 2 Bandar Lampung.
Read MoreMenghadapi era digital 5.0 masyarakat harus mempersiapkan diri untuk menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir di era Revolusi industri 4.0 seperti Internet on Things (internet untuk segala sesuatu), Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), Big Data (data dalam jumlah besar), dan robot untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Masyarakat 5.0 juga dapat diartikan sebagai sebuah konsep masyarakat yang berpusat pada manusia dan berbasis teknologi. Sebagai seorang pendidik di era Revolusi industry 4.0, kita mempunyai beban dan tanggung jawab untuk melahirkan siswa-siswa yang siap menghadapi era digital 5.0 tersebut.
Berdasarkan hal tersebut maka program literasi digital ini dibuat. Siswa diharapkan ikut andil dalam perkembangan zaman yang berorientasi pada teknologi. Dengan mengambil peran berkarya seperti mereview buku/film/isu dalam bentuk tulisan maupun video pada ruang web khusus literasi sekolah diharapkan siswa terbiasa dengan kemajuan teknologi dan dapat memanfaatkannya untuk hal-hal yang berguna untuk menambah khasanah wawasan mereka daripada hanya bermain game online. Selain itu, dengan program literasi digital ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan bernalar kritis siswa, meningkatkan minat baca, dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi lisan dan tulis.
Spnda Literasi dirancang karena beberapa fakta yang muncul di lapangan sebagai dampak dari learning loss akibat pandemi COVID-19. Pembelajaran Jarak Jauh yang berlangsung lebih dari dua tahun tentunya memberi dampak pada siswa baik positif maupun negatif. Sebagai dampak positif, siswa dapat mengeksplorasi teknologi tetapi dampak negatifnya siswa belum bijak memanfaatkannya seperti memanfaatkan teknologi untuk bermain game online. Melihat hal ini, kami merancang program untuk menggunakan teknologi dalam program Gerakan Literasi Sekolah. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca siswa, kemampuan teknologi, dan juga mampu bernalar kritis terhadap bacaa, film, atau isu yang sedang berkembang saat ini.
Melihat perkembangan animo siswa dalam mereview buku, maka SPANDA Literasi bukan hanya sebagai tempat mereview atau mencari sinopsis berbagai buku, tetapi juga tempat untuk menuangkan karya siswa dan guru, termasuk di dalamnya karya ilmiah.
Spanda Literasi dapat diakses oleh masyarakat luas, dimanapun berada untuk mendapatkan referensi bacaan, film, maupun tulisan karya siswa dan guru SMPN 2 Bandar Lampung.
Judul Artikel
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam accumsan lacus eget velit
Profession
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam accumsan lacus eget velit
Profession
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam accumsan lacus eget velit
Profession
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam accumsan lacus eget velit
Profession
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam accumsan lacus eget velit
Profession
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam accumsan lacus eget velit
Profession
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam accumsan lacus eget velit