" "
70001860
27
488
Latar Belakang Pada awal tahun ajaran 2020/2021 hampir diseluruh dunia tidak terkecuali di Indonesia mengalami masa pandemic Covid 19 yang mengharuskan sekolah-sekolah mengadakan kegiatan belajar mengajar secara daring. Untuk itu guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif. Agar proses pembelajaran berjalan baik perlu kerja sama yang baik dengan melibatkan orang tua dalam membatu guru memberikan pengetahuan kepada siswa. Untuk mengurangi kebosanan dan membangkitkan semangat belajar siswa saat pembelajaran adalah dengan memberikan kuis secara online, tentu siswa akan menjadi lebih bersemangat. Belajar Daring merupakan hal yang baru bagi guru, siswa dan orang tua, sehingga pada saat-saat masa pandemic seperti ini guru harus mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Salah satu contohnya dengan menggunakan kuis interaktif di kelas menggunakan sebuah aplikasi yaitu Quizizz. Quizizz merupakan sebuah web tool membuat permainan kuis interaktif dalam kegiatan quizizz guru dapat mengatur waktu penyelesaian setiap soal yang dibuat dan skornya soalnya. Untuk membuat kegiatan quizizz guru harus mempunyai akun quizizz agar siswa bisa diarahkan pada soal-soal pembahasan materi kemudian link soal dibagikan ke siswa beserta informasi untuk masuk menjadi pemain (saat di quizizz) menganti nama siswa sendiri agar mudah di koreksi guru. Rancang Bangun 1. Antarmuka Pengguna (User Interface): Aplikasi web / Android: Aplikasi dapat diakses melalui alamat web www.quizizz.com melalui laptop atau PC, yang dimana tampilannya dapat di pergunakan dengan cara meng-klik menggunakan mouse. Sedangkan pada android dapat di download melalui playstore secara gratis. Tampilan aplikasi memiliki tampilan yang memanjakan mata berupa warna warna dan iringan musik baik Ketika membaca soal, menjawab soal benar atau Ketika menjawab salah. 2. Basis Data: data soal dapat diinputkan melaui menu Create a quiz pada tampilan dasbor web (via PC atau Laptop) atau pada menu pada tampilan di aplikasi android. Pengguna dapat memilih jenis masukan baik itu untuk proses belajar (materi pembelajaran) maupun sebagai alat untuk pengambilan nilai (quiz). 3. Fungsionalitas Aplikasi: Autentikasi dan Otorisasi: Pengguna, seperti siswa dan guru, perlu memiliki akun dengan mekanisme autentikasi yang aman. Akun dapat menggunakan email google baik pribadi atau menggunakan belajar.id. Pada pembuatan akun, harus dipilih sesuai dengan kebutuhan, misalkan sebagai guru atau sebagai siswa. Akun ini memastikan bahwa hanya pengguna yang memiliki akses yang sesuai yang dapat mengakses fungsi-fungsi tertentu, seperti membuat, mengedit (guru) atau mengerjakan ujian (siswa) Pembuatan dan Pengelolaan Ujian (Akun sebagai Guru): Guru dapat membuat dan mengelola ujian melalui antarmuka yang mudah digunakan. Mereka dapat menambahkan, mengedit, dan menghapus soal, serta mengatur parameter ujian, seperti durasi dan bobot soal. Pada saat pemberian soal kegiatan dapat dipantau secara live (guru dapat melihat progress pengerjaan oleh siswa). Soal juga dapat digunakan sebagai pekerjaan rumah yang dapat di setting waktu pengerjaannya Pengerjaan Ujian(Akun Siswa): Siswa dapat mengakses dan mengerjakan ujian melalui aplikasi dengan memasukkan kode angka untuk masuk/mengerjakan soal. Antarmuka pengerjaan ujian harus memberikan tampilan yang jelas, tombol navigasi yang mudah digunakan, serta fitur seperti timer dan kemampuan untuk menyimpan dan mengirim jawaban. Pengambilan Nilai dalam bentuk quiz biasanya berupa pilihan ganda dimana siswa dapat menggunakan beberapa fitur bantuan (harus diaktifkan dari akun guru). Umpan Balik dan Penilaian: Setelah siswa menyelesaikan ujian, mereka harus menerima umpan balik instan tentang hasil ujian, termasuk skor dan jawaban yang benar. Guru juga perlu memiliki akses untuk melihat dan mengevaluasi jawaban siswa, serta memberikan umpan balik tambahan
Read MoreJudul Artikel
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam accumsan lacus eget velit
Profession
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam accumsan lacus eget velit
Profession
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam accumsan lacus eget velit
Profession
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam accumsan lacus eget velit
Profession
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam accumsan lacus eget velit
Profession
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam accumsan lacus eget velit
Profession
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam accumsan lacus eget velit