SMP NEGERI 44 BANDAR LAMPUNG

Akreditasi

" "

NPSN

70001860

Jumlah Guru

27

Jumlah Siswa

488

Kata Pengantar

Latar Belakang Pada awal tahun ajaran 2020/2021 hampir diseluruh dunia tidak terkecuali di Indonesia mengalami masa pandemic Covid 19 yang mengharuskan sekolah-sekolah mengadakan kegiatan belajar mengajar secara daring. Untuk itu guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif. Agar proses pembelajaran berjalan baik perlu kerja sama yang baik dengan melibatkan orang tua dalam membatu guru memberikan pengetahuan kepada siswa. Untuk mengurangi kebosanan dan membangkitkan semangat belajar siswa saat pembelajaran adalah dengan memberikan kuis secara online, tentu siswa akan menjadi lebih bersemangat. Belajar Daring merupakan hal yang baru bagi guru, siswa dan orang tua, sehingga pada saat-saat masa pandemic seperti ini guru harus mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Salah satu contohnya dengan menggunakan kuis interaktif di kelas menggunakan sebuah aplikasi yaitu Quizizz. Quizizz merupakan sebuah web tool membuat permainan kuis interaktif dalam kegiatan quizizz guru dapat mengatur waktu penyelesaian setiap soal yang dibuat dan skornya soalnya. Untuk membuat kegiatan quizizz guru harus mempunyai akun quizizz agar siswa bisa diarahkan pada soal-soal pembahasan materi kemudian link soal dibagikan ke siswa beserta informasi untuk masuk menjadi pemain (saat di quizizz) menganti nama siswa sendiri agar mudah di koreksi guru. Rancang Bangun 1. Antarmuka Pengguna (User Interface): Aplikasi web / Android: Aplikasi dapat diakses melalui alamat web www.quizizz.com melalui laptop atau PC, yang dimana tampilannya dapat di pergunakan dengan cara meng-klik menggunakan mouse. Sedangkan pada android dapat di download melalui playstore secara gratis. Tampilan aplikasi memiliki tampilan yang memanjakan mata berupa warna warna dan iringan musik baik Ketika membaca soal, menjawab soal benar atau Ketika menjawab salah. 2. Basis Data: data soal dapat diinputkan melaui menu Create a quiz pada tampilan dasbor web (via PC atau Laptop) atau pada menu pada tampilan di aplikasi android. Pengguna dapat memilih jenis masukan baik itu untuk proses belajar (materi pembelajaran) maupun sebagai alat untuk pengambilan nilai (quiz). 3. Fungsionalitas Aplikasi: Autentikasi dan Otorisasi: Pengguna, seperti siswa dan guru, perlu memiliki akun dengan mekanisme autentikasi yang aman. Akun dapat menggunakan email google baik pribadi atau menggunakan belajar.id. Pada pembuatan akun, harus dipilih sesuai dengan kebutuhan, misalkan sebagai guru atau sebagai siswa. Akun ini memastikan bahwa hanya pengguna yang memiliki akses yang sesuai yang dapat mengakses fungsi-fungsi tertentu, seperti membuat, mengedit (guru) atau mengerjakan ujian (siswa) Pembuatan dan Pengelolaan Ujian (Akun sebagai Guru): Guru dapat membuat dan mengelola ujian melalui antarmuka yang mudah digunakan. Mereka dapat menambahkan, mengedit, dan menghapus soal, serta mengatur parameter ujian, seperti durasi dan bobot soal. Pada saat pemberian soal kegiatan dapat dipantau secara live (guru dapat melihat progress pengerjaan oleh siswa). Soal juga dapat digunakan sebagai pekerjaan rumah yang dapat di setting waktu pengerjaannya Pengerjaan Ujian(Akun Siswa): Siswa dapat mengakses dan mengerjakan ujian melalui aplikasi dengan memasukkan kode angka untuk masuk/mengerjakan soal. Antarmuka pengerjaan ujian harus memberikan tampilan yang jelas, tombol navigasi yang mudah digunakan, serta fitur seperti timer dan kemampuan untuk menyimpan dan mengirim jawaban. Pengambilan Nilai dalam bentuk quiz biasanya berupa pilihan ganda dimana siswa dapat menggunakan beberapa fitur bantuan (harus diaktifkan dari akun guru). Umpan Balik dan Penilaian: Setelah siswa menyelesaikan ujian, mereka harus menerima umpan balik instan tentang hasil ujian, termasuk skor dan jawaban yang benar. Guru juga perlu memiliki akses untuk melihat dan mengevaluasi jawaban siswa, serta memberikan umpan balik tambahan

Read More

Galery Produk & Inovasi

Foto Inovasi

Berikut gambaran produk dan Inovasi yang di kembangkan olah Sekolah

Read More

Vidio Inovasi & Produk

Berikut Vidio produk dan Inovasi yang di kembangkan olah Sekolah

Read More

Inovasi Guru

Berikut Produk dan Inovasi yang di kembangkan olah guru

Learn More

Naskah Inovasi

Latar Belakang Pada awal tahun ajaran 2020/2021 hampir diseluruh dunia tidak terkecuali di Indonesia mengalami masa pandemic Covid 19 yang mengharuskan sekolah-sekolah mengadakan kegiatan belajar mengajar secara daring. Untuk itu guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif. Agar proses pembelajaran berjalan baik perlu kerja sama yang baik dengan melibatkan orang tua dalam membatu guru memberikan pengetahuan kepada siswa. Untuk mengurangi kebosanan dan membangkitkan semangat belajar siswa saat pembelajaran adalah dengan memberikan kuis secara online, tentu siswa akan menjadi lebih bersemangat. Belajar Daring merupakan hal yang baru bagi guru, siswa dan orang tua, sehingga pada saat-saat masa pandemic seperti ini guru harus mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Salah satu contohnya dengan menggunakan kuis interaktif di kelas menggunakan sebuah aplikasi yaitu Quizizz. Quizizz merupakan sebuah web tool membuat permainan kuis interaktif dalam kegiatan quizizz guru dapat mengatur waktu penyelesaian setiap soal yang dibuat dan skornya soalnya. Untuk membuat kegiatan quizizz guru harus mempunyai akun quizizz agar siswa bisa diarahkan pada soal-soal pembahasan materi kemudian link soal dibagikan ke siswa beserta informasi untuk masuk menjadi pemain (saat di quizizz) menganti nama siswa sendiri agar mudah di koreksi guru. Rancang Bangun 1. Antarmuka Pengguna (User Interface): Aplikasi web / Android: Aplikasi dapat diakses melalui alamat web www.quizizz.com melalui laptop atau PC, yang dimana tampilannya dapat di pergunakan dengan cara meng-klik menggunakan mouse. Sedangkan pada android dapat di download melalui playstore secara gratis. Tampilan aplikasi memiliki tampilan yang memanjakan mata berupa warna warna dan iringan musik baik Ketika membaca soal, menjawab soal benar atau Ketika menjawab salah. 2. Basis Data: data soal dapat diinputkan melaui menu Create a quiz pada tampilan dasbor web (via PC atau Laptop) atau pada menu pada tampilan di aplikasi android. Pengguna dapat memilih jenis masukan baik itu untuk proses belajar (materi pembelajaran) maupun sebagai alat untuk pengambilan nilai (quiz). 3. Fungsionalitas Aplikasi: Autentikasi dan Otorisasi: Pengguna, seperti siswa dan guru, perlu memiliki akun dengan mekanisme autentikasi yang aman. Akun dapat menggunakan email google baik pribadi atau menggunakan belajar.id. Pada pembuatan akun, harus dipilih sesuai dengan kebutuhan, misalkan sebagai guru atau sebagai siswa. Akun ini memastikan bahwa hanya pengguna yang memiliki akses yang sesuai yang dapat mengakses fungsi-fungsi tertentu, seperti membuat, mengedit (guru) atau mengerjakan ujian (siswa) Pembuatan dan Pengelolaan Ujian (Akun sebagai Guru): Guru dapat membuat dan mengelola ujian melalui antarmuka yang mudah digunakan. Mereka dapat menambahkan, mengedit, dan menghapus soal, serta mengatur parameter ujian, seperti durasi dan bobot soal. Pada saat pemberian soal kegiatan dapat dipantau secara live (guru dapat melihat progress pengerjaan oleh siswa). Soal juga dapat digunakan sebagai pekerjaan rumah yang dapat di setting waktu pengerjaannya Pengerjaan Ujian(Akun Siswa): Siswa dapat mengakses dan mengerjakan ujian melalui aplikasi dengan memasukkan kode angka untuk masuk/mengerjakan soal. Antarmuka pengerjaan ujian harus memberikan tampilan yang jelas, tombol navigasi yang mudah digunakan, serta fitur seperti timer dan kemampuan untuk menyimpan dan mengirim jawaban. Pengambilan Nilai dalam bentuk quiz biasanya berupa pilihan ganda dimana siswa dapat menggunakan beberapa fitur bantuan (harus diaktifkan dari akun guru). Umpan Balik dan Penilaian: Setelah siswa menyelesaikan ujian, mereka harus menerima umpan balik instan tentang hasil ujian, termasuk skor dan jawaban yang benar. Guru juga perlu memiliki akses untuk melihat dan mengevaluasi jawaban siswa, serta memberikan umpan balik tambahan
Tujuan dari penggunaan quiziz sebagai inovasi sekolah adalah sebagai berikut:Meningkatkan Efisiensi proses belajar dan pembelajaran: Salah satu tujuan utama adalah meningkatkan efisiensi dalam proses ujian. Dengan menggunakan aplikasi ujian berbasis web dan Android, waktu yang dibutuhkan untuk administrasi ujian dapat dikurangi secara signifikan. Guru tidak perlu bertatap muka secara langsung dengan siswa sehingga protocol Kesehatan tetap terpenuhi. Selain itu, proses penilaian juga dapat dilakukan secara otomatis oleh sistem, menghemat waktu dan usaha yang diperlukan oleh guru.Meningkatkan Aksesibilitas: Dengan aplikasi ujian berbasis web dan Android, siswa dapat mengakses ujian secara fleksibel dan mudah. Mereka dapat mengerjakan ujian kapan saja dan di mana saja menggunakan perangkat komputer atau ponsel pintar mereka. Hal ini sangat membantu guru dan siswa dikarenakan tidak dapatnya bertatap muka secara langsung. Dengan fitur seperti umpan balik instan setelah mengerjakan ujian, siswa dapat melihat hasil mereka dengan cepat dan mempelajari kesalahan mereka. Hal ini memungkinkan mereka untuk memperbaiki pemahaman mereka tentang materi dan meningkatkan kemampuan mereka untuk ujian di masa depan. Pengelolaan Data yang sangat mudah: Aplikasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan data ujian. Data ujian siswa, hasil, dan statistik dapat disimpan secara terorganisir dan dapat diakses dengan mudah oleh guru karena berbentuk digital
Manfaat Quizizz untuk Media Pembelajaran1. Membantu Pengajar Mempelajari Bahan AjarAgus Suharsono dan Muhammad Taufiq Budiarto dalam jurnal Penggunaan Quizizz sebagai Media Pembelajaran bagi Generasi Milenial menjelaskan, fitur-fitur yang terdapat pada Quizizz memungkinkan pengajar untuk mempelajari materi yang akan disampaikan kepada peserta didik.Dengan penguasaan materi yang lebih matang, guru atau dosen dapat menyampaikan bahan ajar kepada peserta didik dengan lebih lugas dan mudah. Peserta didik pun bisa memahami materi pelajaran dengan cepat sehingga proses pembelajaran berjalan lebih efektif dan efisien.2. Memudahkan dalam Membuat SoalFItur-fitur di Quizizz memudahkan tenaga pendidik untuk membuat soal. Seperti yang dijelaskan, soal yang diberikan melalui Quizizz berbentuk pilihan ganda. Selain itu, guru juga bisa menambahkan ilustrasi berupa grafik, gambar, tabel, dan sebagainya agar soal lebih mudah dipahami.Setelah selesai disusun, pertanyaan bisa langsung dibagikan kepada siswa dengan cara memberitahu enam kode angka yang muncul. Siswa kemudian memasukkan angka-angka tersebut ke akun Quizizz mereka agar bisa mengakses soal yang dibagikan.3. Mengukur Peningkatan Kompetensi Peserta DidikDijelaskan dalam jurnal Pemanfaatan Quizizz sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game pada Masa Pandemi COVID-19 oleh Destri Sambara Sitorus dan Tri Nugroho Budi Santoso, quizizz dapat digunakan guru sebagai media untuk melakukan evaluasi pembelajaran.Quizizz memberikan informasi statistik tentang hasil belajar peserta didik yang dapat diunduh dalam bentuk file Excel. Melalui aplikasi ini, guru dapat mengevaluasi proses pembelajaran tanpa dibatasi tempat dan waktu.4. Melatih Jiwa Kompetisi SiswaTak hanya menyenangkan, model pembelajaran Quizizz yang disajikan dalam bentuk kuis mampu melatih jiwa kompetisi siswa. Pasalnya, aplikasi tersebut akan menunjukkan secara langsung skor yang diperoleh siswa setiap kali menjawab pertanyaan.Para siswa berlomba-lomba menjawab dengan cepat dan tepat sehingga nama mereka muncul pada papan skor di urutan teratas. Perasaan senang saat belajar lewat Quizizz membuat siswa lebih cepat memahami materi yang diberikan.5. Membantu Siswa Menganalisis JawabannyaSetelah selesai mengerjakan soal di Quizizz, siswa dapat menganalisis jawabannya. Mereka bisa mencari tahu mengapa jawaban yang mereka berikan salah atau ben
Penggunaan aplikasi quizizz ini dapat meningkatkan efisiensi, aksesibilitas, umpan balik, pengelolaan data, dan keamanan ujian dalam konteks sekolah, dimana guru dibatasi untuk tidak melakukan tatapmuka secara langsung
Read More

Artikel Guru

Subscribe Our Newsletter