SMP AL KAUTSAR

Akreditasi

" A "

NPSN

10807224

Jumlah Guru

56

Jumlah Siswa

858

Kata Pengantar

Dasar hukum inovasi 

1. Dalil Q.S Luqman ayat 12-47 Tentang Pendidikan Karakter 

2. Perpres NO.87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter 

3. Salah satu karakter dalam P5 adalah berahlak mulia 

4. Visi Yayasan Al Kautsar Unggul, Islami dan Global 

Permasalahan : 

Makro : Saat ini kita berada pada era Globalisasi, perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi maju begitu pesat. siswa dituntut untuk mampu mengikuti perkembangan, namun tetap didasari oleh ahlak yang islami. Karakter yg dimiliki anak didik berbeda beda dengan latar belakang lingkungan social budaya dan alam 

Mikro : Satuan Pendidikan SMP Al Kautsar menjadi salah satu wadah Pendidikan karakter untuk membentuk peserta didik yang memiliki ahlak mulia dan mampu membca Al Qur'an dengan baik dan benar (menurut ilmu tajwid) hadirnya buku panduan Adab dan tilawah Al Qur'an ini dimaksudkan untuk menjadi pedoman bagi seluruh civitas akademika Yayasan Al Kautsar khususnya siswa siswi SMP Al Kautsar dalam membangun karaker Islami siswa Al Kautsar. Hal ini untuk menjawab harapan orang tua untuk membentuk insan yang berahlak mulia. isu starategis adalah adab atau ahlak mulia yang menjadi sorotan kepribadian seseorang, terlihat dari cara bersikap dan bertututr katanya.pembiasaan adab yang dipakai peserta didik di lingkungan keluarga dan masyarakat akan terbawa ke lingkungan sekolah. Maka sekolah akan menjadi cerminan bagi masyarakat apabila peserta didiknya memiliki adab atau ahlak yang mulia. Metode yang digunakan adalah metode Literasi dan Keteladanan. Selama masa covid peserta didik tidak sama sekali tersentuh oleh pendidikan adab, setelah mereka memasuki kelas untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar tidak ada reaksi dari peserta didik. maka dengan kondisi ini sekolah membuat suatu panduan adab di rumah, di sekolah dan di lingkungan masyarakat untuk menjadi bahan literasi peserta didik disamping semua guru di sekolah memberikan contoh adab tersebut 

Metode : Literasi dan Keteladanan 

(Litersai dilakukan dengan cara peserta didik diberikan buku bacaaan yang menjadi pedoman dalam perilaku adab sehari hari. Seperti adab bertemu, mengucapkan salam, memulai belajar, saat belajar dan di penutunp belajar dan sebagainya.

Metode Keteladanan : dilakukan dengan cara setiap guru memberikan contoh adab yg telah diberikan dalam buku adab tersebut seperti guru menyambut kedatangan peserta didik dan mengucap salam. peerta didik putra mengucap salam serta menjabat tangan dan mencium tangan Bapak Guru sedangkan peserta didik putri mngucapkan salam serta berjabat tangan dan mencium tangan Ibu Guru. setelah di buat dan disusun buku adab dan tilawah Qur'an maka buku tersebut dapat dijadikan panduan dalam penerapan adab di lingkungan sekolah.dan buku tilawah Qur'an bisa memberikan pengetahuan kepada peserta didik cara penyebutan huruf panjang bacaan dengung jelas, memantul, waqof, wasol dan sebagainya. harapan sekolah dengan inovasi ini dapat memberikan perubahan terhadap prilaku dan sikap peserta didik menjadi lebih baik. dan untuk kegiatan tilawah bisa menjadikan bahan dalam menyampaikan dakwah kepada sesama mereka di sekolah. 

Tahapan Inovasi buku adab dan Buku Tilawah Qur'an 

a. Membuat literasi adab dan tilawah Quran oleh guru guru PAI dan beberapa yg ahli dibidangnya.

b. Menentukan point point penting yg harus dirumuskan sebagai bahan dan isi dari buku adab dan tilawah Qur'an 

c. Menyusun materi dan isi materi dari buku adab dan tilawah Qur'an

d. Mengedit buku adab dan tilawah Qur'an

e. Penyempurnaan buku adab dan tilawah Qur'an

f. Penerbitan dan Pencetakan buku adab dan tilawah Qur'an

g. Pembagian buku kepada peerta didik 

h. Penerapan dengan literasi dan keteladanan 

i. Pembiasaan adab sehari hari di sekolah  

Read More

Galery Produk & Inovasi

Foto Inovasi

Berikut gambaran produk dan Inovasi yang di kembangkan olah Sekolah

Read More

Vidio Inovasi & Produk

Berikut Vidio produk dan Inovasi yang di kembangkan olah Sekolah

Read More

Inovasi Guru

Berikut Produk dan Inovasi yang di kembangkan olah guru

Learn More

Naskah Inovasi

Dasar hukum inovasi 

1. Dalil Q.S Luqman ayat 12-47 Tentang Pendidikan Karakter 

2. Perpres NO.87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter 

3. Salah satu karakter dalam P5 adalah berahlak mulia 

4. Visi Yayasan Al Kautsar Unggul, Islami dan Global 

Permasalahan : 

Makro : Saat ini kita berada pada era Globalisasi, perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi maju begitu pesat. siswa dituntut untuk mampu mengikuti perkembangan, namun tetap didasari oleh ahlak yang islami. Karakter yg dimiliki anak didik berbeda beda dengan latar belakang lingkungan social budaya dan alam 

Mikro : Satuan Pendidikan SMP Al Kautsar menjadi salah satu wadah Pendidikan karakter untuk membentuk peserta didik yang memiliki ahlak mulia dan mampu membca Al Qur'an dengan baik dan benar (menurut ilmu tajwid) hadirnya buku panduan Adab dan tilawah Al Qur'an ini dimaksudkan untuk menjadi pedoman bagi seluruh civitas akademika Yayasan Al Kautsar khususnya siswa siswi SMP Al Kautsar dalam membangun karaker Islami siswa Al Kautsar. Hal ini untuk menjawab harapan orang tua untuk membentuk insan yang berahlak mulia. isu starategis adalah adab atau ahlak mulia yang menjadi sorotan kepribadian seseorang, terlihat dari cara bersikap dan bertututr katanya.pembiasaan adab yang dipakai peserta didik di lingkungan keluarga dan masyarakat akan terbawa ke lingkungan sekolah. Maka sekolah akan menjadi cerminan bagi masyarakat apabila peserta didiknya memiliki adab atau ahlak yang mulia. Metode yang digunakan adalah metode Literasi dan Keteladanan. Selama masa covid peserta didik tidak sama sekali tersentuh oleh pendidikan adab, setelah mereka memasuki kelas untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar tidak ada reaksi dari peserta didik. maka dengan kondisi ini sekolah membuat suatu panduan adab di rumah, di sekolah dan di lingkungan masyarakat untuk menjadi bahan literasi peserta didik disamping semua guru di sekolah memberikan contoh adab tersebut 

Metode : Literasi dan Keteladanan 

(Litersai dilakukan dengan cara peserta didik diberikan buku bacaaan yang menjadi pedoman dalam perilaku adab sehari hari. Seperti adab bertemu, mengucapkan salam, memulai belajar, saat belajar dan di penutunp belajar dan sebagainya.

Metode Keteladanan : dilakukan dengan cara setiap guru memberikan contoh adab yg telah diberikan dalam buku adab tersebut seperti guru menyambut kedatangan peserta didik dan mengucap salam. peerta didik putra mengucap salam serta menjabat tangan dan mencium tangan Bapak Guru sedangkan peserta didik putri mngucapkan salam serta berjabat tangan dan mencium tangan Ibu Guru. setelah di buat dan disusun buku adab dan tilawah Qur'an maka buku tersebut dapat dijadikan panduan dalam penerapan adab di lingkungan sekolah.dan buku tilawah Qur'an bisa memberikan pengetahuan kepada peserta didik cara penyebutan huruf panjang bacaan dengung jelas, memantul, waqof, wasol dan sebagainya. harapan sekolah dengan inovasi ini dapat memberikan perubahan terhadap prilaku dan sikap peserta didik menjadi lebih baik. dan untuk kegiatan tilawah bisa menjadikan bahan dalam menyampaikan dakwah kepada sesama mereka di sekolah. 

Tahapan Inovasi buku adab dan Buku Tilawah Qur'an 

a. Membuat literasi adab dan tilawah Quran oleh guru guru PAI dan beberapa yg ahli dibidangnya.

b. Menentukan point point penting yg harus dirumuskan sebagai bahan dan isi dari buku adab dan tilawah Qur'an 

c. Menyusun materi dan isi materi dari buku adab dan tilawah Qur'an

d. Mengedit buku adab dan tilawah Qur'an

e. Penyempurnaan buku adab dan tilawah Qur'an

f. Penerbitan dan Pencetakan buku adab dan tilawah Qur'an

g. Pembagian buku kepada peerta didik 

h. Penerapan dengan literasi dan keteladanan 

i. Pembiasaan adab sehari hari di sekolah  

1. Sebagai pedoman atau penuntut civitas akademika SMP Al Kautsar untuk bertingkah laku yang baik dan menjauhkan diri dari intgkah laku buruk 2. membentuk sikap, perilaku, tata cara hidup yang mencerminkan nilai sopan santun, kehalusan, kebaikan budi pekerti atau ahlak 3. Membimbing peserta didik dalam membaca Al Qur'an agar mampu membaca Al Qur'an dengan baik dan benar 4. Menambah hafalan surat surat dalam Qur'an dengan cara mudah
1. Peserta didik terbiasa melakukan hal hal yg baik terkait adab sehari hari 2. Pesert didik menerapkan adab yang baik dilingkungannya baik di sekolah rumah dan masyarakat 3. Peserta didik terlatih membaca Al Qur'an dengan baik dan benar 4. Peserta didik dapat menbah hafalan surat-surat dalam Qur'an
Produksi/hasil (Output) penyelenggaraan inovasi
Read More

Artikel Guru

Subscribe Our Newsletter