" B "
10807206
66
889
Abad ke-21 merupakan era perubahan zaman menjadi lebih modern yang ditandai dengan pesatnya perkembangan pengetahuan dan teknologi. Perubahan ini menyebabkan timbulnya sejumlah tantangan baru yang perlu diatasi. Sebagai upaya untuk menghadapi tantangan tersebut, maka perlunya menguasai keterampilan yang biasa disingkat dengan 6C yaitu character, citizenship, critical thinking, creativity, collaboration, communication (Trisnawati et al., 2023). Keterampilan 6C tersebut sangat diperlukan untuk dalam menghadapi abad globalisasi sekarang ini karena keterampilan 6C tersebut memiliki dampak positif terhadap perkembangan belajar siswa. Namun, berdasarkan skor Programme for International Student Assesment (PISA) tahun 2022 diketahui kemampuan berpikir kritis siswa Indonesia pada bidang sains masih rendah, dimana Indonesia mendapatkan skor 383 dengan peringkat 66 dari 80 negara (OECD, 2023). Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan 6C dalam bidang sains dengan cara melaksanakan kegiatan praktikum dalam proses pembelajarannya. Dalam melaksanakan praktikum tentu membutuhkan panduan yang jelas dan menarik agar mampu menunjang keberhasilan praktikum oleh siswa. Menurut Jannah dkk., (2023), memasuki era digitalisasi saat ini guru-guru perlu mengembangkan bahan ajar inovatif berbentuk digital. Oleh karena itu maka akan dibuat kartu praktikum digital sebagai panduan siswa untuk melaksanakan praktikum mata pelajaran IPA. Berikut ini adalah langkah dalam merancang kartu praktikum digital adalah: 1. Memilih praktikum yang akan dilaksanakan Hal yang pertama yang harus dilakukan adalah memilih praktikum apa saja yang akan dilaksanakan dalam 1 tahun ajaran. Materi yang dipilih adalah materi kelas 7. 2. Membuat langkah-langkah praktikum. Dalam pembuatan langkah-langkah praktikum ini dimulai dari alat dan bahan yang akan digunakan dalam praktikum serta cara kerja atau langkah-langkah dalam melaksanakan praktikum. 3. Mendesain kartu praktikum. Dalam mendesain kartu praktikum ini menggunakan platform canva. Mendesain kartu praktikum dilaksanakan untuk membuat kartu praktikum terlihat lebih jelas dan menarik untuk digunakan siswa. 4. Proses pembuatan Setelah desain kartu praktikum selesai, maka dilanjutkan membuat kartu praktikum digital dengan bantuan aplikasi yang sudah banyak tersedia. 5. Uji coba Setelah proses pembuatan selesai, maka dilakukan uji coba ini dilakukan pada siswa kelas 7. 6. Revisi Setelah melaksanakan uji coba, maka dilanjutkan meminta feedback kepada beberapa pihak untuk melihat apakah terdapat masukan atau saran guna untuk memperbaiki produk. 7. Produk final Produk final merupakan produk yang sudah direvisi dan siap digunakan untuk melakukan praktikum.
Read MoreJudul Artikel
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam accumsan lacus eget velit
Profession
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam accumsan lacus eget velit
Profession
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam accumsan lacus eget velit
Profession
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam accumsan lacus eget velit
Profession
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam accumsan lacus eget velit
Profession
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam accumsan lacus eget velit
Profession
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam accumsan lacus eget velit