SMP N 33 BANDAR LAMPUNG

Akreditasi

" B "

NPSN

69947527

Jumlah Guru

55

Jumlah Siswa

693

Kata Pengantar

Metode pembelajaran menarik biasanya melibatkan media pembelajaran. Media yang mengandung konten belajar atau disebut juga media pembelajaran merupakan sebuah alat penyalur pesan dan informasi belajar. Media pembelajaran yang dirancang dengan baik akan sangat membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Ada berbagai macam jenis media belajar. Dan setiap  jenis media pembelajaran memiliki karakteristik dan keunikan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Guru Pintar harus pandai-pandai memilih media apa yang cocok untuk dipilih dalam menyampaikan materi tertentu.

 

Dalam merancang sebuah konten media pembelajaran tidak boleh sembarangan. Menurut Mukminan, (2008) dalam bukunya yang berjudul Pengembangan Media Pembelajaran, setidaknya Guru Pintar harus memperhatikan prinsip-prinsip berikut ini dalam mengembangkan media pembelajaran:

Sebelum membuat konten pembelajaran yang menarik, Guru Pintar harus tahu indikator-indikator yang harus dimiliki oleh sebuah media, yaitu:

    1. Mampu membangun interaksi dan melibatkan siswa meskipun secara virtual. Interaksi dapat berupa tanya jawab, kuis, atau hal lainnya yang dirasa perlu untuk memecah kebosanan.
    2. Memiliki Audio visual yang jelas, lugas, dan berkualitas. Jika audio visual yang ada dalam media tidak jelas, akan mengganggu konsentrasi siswa.
    3. Memiliki infrastruktur pendukung yang andal. Adanya infrastruktur yang memadai dan sesuai standar, maka proses belajar dapat berjalan lancar sehingga materi pembelajaran bisa tersampaikan dengan maksimal.

Berikut ini adalah rancang bangun proses pembuatan konten digital sebagai bentuk inovasi media pembelajaran kanal youtube Spantaga adalah

    1. Memilih materi yang akan diajarkan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan konten materi belajar. Hendaknya materi yang disampaikan tidak terlalu banyak agar durasinya juga tidak terlalu panjang.

    1. Mencari  ide dan konsep yang menarik

Langkah kedua setelah menentukan materi yang akan diajarkan yaitu mencari ide dan konsep yang menarik. Hal ini dapat dilakukan dengan mempelajari berbagai media yang sudah ada kemudian memodifikasinya atau dengan mencari tahu apa saja yang disukai sebagian besar siswa.

3. Membuat script atau storyboard dari konsep yang sudah dibuat

Materi pembelajaran menarik jika dikemas dengan apik. Script atau Storyboard dibutuhkan sebagai pedoman atau arahan dalam pembuatan media interaktif berupa video. Dengan adanya Script atau Storyboard dapat memudahkan merencanakan apa saja yang akan ditampilkan dalam video, alat atau properti apa saja yang dibutuhkan, backsound music, sound, effect dan lain sebagainya.

4. Proses pembuatan.

Setelah Script atau Storyboard siap, mulai mengolah hasil video mentahan dengan bantuan aplikasi yang sudah banyak tersedia. Pilihlah aplikasi yang paling mudah sehingga tidak menyulitkan pada proses pembuatannya. Saat ini ada banyak aplikasi yang dapat digunakan baik yang gratis maupun yang berbayar.

Read More

Galery Produk & Inovasi

Foto Inovasi

Berikut gambaran produk dan Inovasi yang di kembangkan olah Sekolah

Read More

Vidio Inovasi & Produk

Berikut Vidio produk dan Inovasi yang di kembangkan olah Sekolah

Read More

Inovasi Guru

Berikut Produk dan Inovasi yang di kembangkan olah guru

Learn More

Naskah Inovasi

Metode pembelajaran menarik biasanya melibatkan media pembelajaran. Media yang mengandung konten belajar atau disebut juga media pembelajaran merupakan sebuah alat penyalur pesan dan informasi belajar. Media pembelajaran yang dirancang dengan baik akan sangat membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Ada berbagai macam jenis media belajar. Dan setiap  jenis media pembelajaran memiliki karakteristik dan keunikan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Guru Pintar harus pandai-pandai memilih media apa yang cocok untuk dipilih dalam menyampaikan materi tertentu.

 

Dalam merancang sebuah konten media pembelajaran tidak boleh sembarangan. Menurut Mukminan, (2008) dalam bukunya yang berjudul Pengembangan Media Pembelajaran, setidaknya Guru Pintar harus memperhatikan prinsip-prinsip berikut ini dalam mengembangkan media pembelajaran:

Sebelum membuat konten pembelajaran yang menarik, Guru Pintar harus tahu indikator-indikator yang harus dimiliki oleh sebuah media, yaitu:

    1. Mampu membangun interaksi dan melibatkan siswa meskipun secara virtual. Interaksi dapat berupa tanya jawab, kuis, atau hal lainnya yang dirasa perlu untuk memecah kebosanan.
    2. Memiliki Audio visual yang jelas, lugas, dan berkualitas. Jika audio visual yang ada dalam media tidak jelas, akan mengganggu konsentrasi siswa.
    3. Memiliki infrastruktur pendukung yang andal. Adanya infrastruktur yang memadai dan sesuai standar, maka proses belajar dapat berjalan lancar sehingga materi pembelajaran bisa tersampaikan dengan maksimal.

Berikut ini adalah rancang bangun proses pembuatan konten digital sebagai bentuk inovasi media pembelajaran kanal youtube Spantaga adalah

    1. Memilih materi yang akan diajarkan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan konten materi belajar. Hendaknya materi yang disampaikan tidak terlalu banyak agar durasinya juga tidak terlalu panjang.

    1. Mencari  ide dan konsep yang menarik

Langkah kedua setelah menentukan materi yang akan diajarkan yaitu mencari ide dan konsep yang menarik. Hal ini dapat dilakukan dengan mempelajari berbagai media yang sudah ada kemudian memodifikasinya atau dengan mencari tahu apa saja yang disukai sebagian besar siswa.

3. Membuat script atau storyboard dari konsep yang sudah dibuat

Materi pembelajaran menarik jika dikemas dengan apik. Script atau Storyboard dibutuhkan sebagai pedoman atau arahan dalam pembuatan media interaktif berupa video. Dengan adanya Script atau Storyboard dapat memudahkan merencanakan apa saja yang akan ditampilkan dalam video, alat atau properti apa saja yang dibutuhkan, backsound music, sound, effect dan lain sebagainya.

4. Proses pembuatan.

Setelah Script atau Storyboard siap, mulai mengolah hasil video mentahan dengan bantuan aplikasi yang sudah banyak tersedia. Pilihlah aplikasi yang paling mudah sehingga tidak menyulitkan pada proses pembuatannya. Saat ini ada banyak aplikasi yang dapat digunakan baik yang gratis maupun yang berbayar.

Tujuan besar jangka pendek dan jangka panjang dari inovasi adalah dapar digambarkan sebagai berikut: a. Sarana aktualisasi peserta didik dan guru dalam membuat konten video kreatif yang bisa digunakan sebagai sumber pembelajaran. b. Dokumentasi konten digital dan kegiatan sekolah secara menarik. c. Mendidik siswa mampu berpikir sesuai dengan kebutuhan dan tantangan masa depan.
Manfaat dari program inovasi digital ini adalah sebagai berikut : a. Memberikan keunggulan secara kompetitif. b. Memberikan kemampuan daya saing kepada peserta didik c. Memberikan ruang kreatifitas digital kepada guru dan peserta didik. d. Mendokumentasikan karya digital yang bisa digunakan sampai kapanpun jika masih relevan dengan tuntutan zaman. e. Mendorong guru dan peserta didik untuk meningkatkan kemampuan literasi digital dan pemanfaatan konten inovasi digital sebagai sumber pembelajaran.
Situasi pandemi covid-19 yang lalu pada akhirnya mendorong banyak inovasi pembelajaran yaitu konten digital untuk pembelajaran. Dapat dirasakan saat ini bagaimana teknologi informasi bergerak menjamur sebagai ikhtiar gotong royong bersama untuk membangun ekosistem pendidikan yang berbasis teknologi informasi. Kehadiran teknologi diharapkan bisa didorong untuk menjadi stimulus pembelajaran yang lebih berkualitas lagi. Begitu juga teknologi bukan semata-mata menjadikan kita sebagai objek, akan tetapi teknologi bisa menjadikan kita sebagai subjek, sehingga pembentukan karakter positif peserta didik dan peningkatan kualitas pendidikan dapat terwujud dengan tujuan dapat menaikkan daya saing bangsa.
Read More

Artikel Guru