SMP NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

Akreditasi

" A "

NPSN

10807209

Jumlah Guru

75

Jumlah Siswa

914

Kata Pengantar

Pembuatan batik Shibori bagi guru di sekolah menengah pertama adalah salah satu upaya menumbuhkan kreativitas dan sebagai suatu inovasi guru dalam memahami berbagai macam teknik berkarya kerajinan tekstil. Keterampilan membuat batik shibori bukan sekadar praktik seni, melainkan bagian penting dari pengembangan keterampilan hidup siswa di era modern. Proses kreatif ini melatih siswa untuk berpikir kritis, bekerja secara teliti, dan mengekspresikan diri secara positif. Melalui kegiatan membatik shibori, siswa belajar tentang nilai budaya, kewirausahaan, dan pemberdayaan diri, yang semuanya merupakan komponen penting dalam menghadapi tantangan kehidupan nyata.

Selain itu, pembelajaran ini juga membuka wawasan siswa terhadap peluang ekonomi kreatif lokal dan menumbuhkan semangat cinta produk dalam negeri. Dalam konteks globalisasi dan persaingan kerja yang ketat, keterampilan seperti ini memberi siswa bekal untuk mandiri, berinovasi, dan berkontribusi pada penguatan identitas budaya bangsa.

Dalam mata pelajaran Prakarya aspek kerajinan tekstil terdapat materi terkait ragam hias, maka sangat penting bagi guru jika memahami jenis ragam hias tidak hanya melalui menggambar tetapi juga dengan belajar membatik. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi lapangan dan studi literatur.

 

Teknik yang dipergunakan untuk memperoleh motif yang diinginkan adalah menggunakan motif melipat atau yang disebut dengan Itajime Shibori. Teknik melipat dalam pembuatan batik shibori akan mempengaruhi motif yang akan dihasilkan oleh bentuk lipatan. Setelah melipat kain, kain bisa dijepit menggunakan kayu atau diikat dengan tali atau karet dengan kuat untuk membentuk motif yang diinginkan. Berdasarkan hasil pembuatan batik shibori yang dilaksanakan di sekolah menunjukkan terciptanya dua motif batik yakni pola segitiga dan pola persegi. Pembelajaran dengan batik shibori adalah inovasi kegiatan praktikum yang menyenangkan dan lebih membekas pada pengalaman belajar peserta didik. Sebagaimana bentuk pembelajaran konstruktivistik yaitu peserta didik pembangun pengetahuan, sikap maupun keterampilan berdasarkan pengalaman yang diperoleh dalam proses pembelajaran.

Adapun yang diterapkan di SMPN 2 Bandar Lampung adalah Pemberian teori dan praktik terdiri dari: (1) memperkenalkan batik shibori secara umum; 2) alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat batik shibori (3) cara melipat kain membentuk lipatan dasar; (4) cara melipat kain setelah terbentuk lipatan dasar (lipatan segitiga, lipatak kotak kecil atau lipatan kotak besar); (5) cara mengikat hasil lipatan; (6) cara mencampur warna; (7) cara mencelup kain pada pewarna; (8) cara mengeringkan; dan (9) cara mencuci kain batik shibori.

Read More

Galery Produk & Inovasi

Foto Inovasi

Berikut gambaran produk dan Inovasi yang di kembangkan olah Sekolah

Read More

Vidio Inovasi & Produk

Berikut Vidio produk dan Inovasi yang di kembangkan olah Sekolah

Read More

Inovasi Guru

Berikut Produk dan Inovasi yang di kembangkan olah guru

Learn More

Naskah Inovasi

Pembuatan batik Shibori bagi guru di sekolah menengah pertama adalah salah satu upaya menumbuhkan kreativitas dan sebagai suatu inovasi guru dalam memahami berbagai macam teknik berkarya kerajinan tekstil. Keterampilan membuat batik shibori bukan sekadar praktik seni, melainkan bagian penting dari pengembangan keterampilan hidup siswa di era modern. Proses kreatif ini melatih siswa untuk berpikir kritis, bekerja secara teliti, dan mengekspresikan diri secara positif. Melalui kegiatan membatik shibori, siswa belajar tentang nilai budaya, kewirausahaan, dan pemberdayaan diri, yang semuanya merupakan komponen penting dalam menghadapi tantangan kehidupan nyata.

Selain itu, pembelajaran ini juga membuka wawasan siswa terhadap peluang ekonomi kreatif lokal dan menumbuhkan semangat cinta produk dalam negeri. Dalam konteks globalisasi dan persaingan kerja yang ketat, keterampilan seperti ini memberi siswa bekal untuk mandiri, berinovasi, dan berkontribusi pada penguatan identitas budaya bangsa.

Dalam mata pelajaran Prakarya aspek kerajinan tekstil terdapat materi terkait ragam hias, maka sangat penting bagi guru jika memahami jenis ragam hias tidak hanya melalui menggambar tetapi juga dengan belajar membatik. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi lapangan dan studi literatur.

 

Teknik yang dipergunakan untuk memperoleh motif yang diinginkan adalah menggunakan motif melipat atau yang disebut dengan Itajime Shibori. Teknik melipat dalam pembuatan batik shibori akan mempengaruhi motif yang akan dihasilkan oleh bentuk lipatan. Setelah melipat kain, kain bisa dijepit menggunakan kayu atau diikat dengan tali atau karet dengan kuat untuk membentuk motif yang diinginkan. Berdasarkan hasil pembuatan batik shibori yang dilaksanakan di sekolah menunjukkan terciptanya dua motif batik yakni pola segitiga dan pola persegi. Pembelajaran dengan batik shibori adalah inovasi kegiatan praktikum yang menyenangkan dan lebih membekas pada pengalaman belajar peserta didik. Sebagaimana bentuk pembelajaran konstruktivistik yaitu peserta didik pembangun pengetahuan, sikap maupun keterampilan berdasarkan pengalaman yang diperoleh dalam proses pembelajaran.

Adapun yang diterapkan di SMPN 2 Bandar Lampung adalah Pemberian teori dan praktik terdiri dari: (1) memperkenalkan batik shibori secara umum; 2) alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat batik shibori (3) cara melipat kain membentuk lipatan dasar; (4) cara melipat kain setelah terbentuk lipatan dasar (lipatan segitiga, lipatak kotak kecil atau lipatan kotak besar); (5) cara mengikat hasil lipatan; (6) cara mencampur warna; (7) cara mencelup kain pada pewarna; (8) cara mengeringkan; dan (9) cara mencuci kain batik shibori.

Meningkatkan kreatifitas dan membekali ketrampilan hidup bagi peserta didik
Melatih kepekaan rasa, kreativitas, dan kemampuan motorik halus, serta bekal keterampilan hidup untuk masa depan.
Keterampilan Hidup Dalam Membuat Kain Shibori
Read More

Artikel Guru

Subscribe Our Newsletter