Email

disdikbud.kota@bandarlampungkota.go.id

Telepon

0721 253752


SMP NEGERI 30 BANDAR LAMPUNG

Akreditasi

" B "

NPSN

10807187

Jumlah Guru

38

Jumlah Siswa

625

Kata Pengantar

Proses Pembuatan MARAH (Mading Rahasia)Guru yang mendapatkan tugas tambahan sebagai walikelas pada hari senin mengambil kertas dalam kotak rahasia seperti undian dan memilih salah satu kertas yang berisi macam-macam karya yang harus dibuat oleh Siswa di rumah sampai hari jumat, seperti: Puisi, Pantun, Gambar, Teka-teki, pazle, potongan media surat kabar, kata-kata mutiara, kata motivasi, cerpen, cerita bergambar, karikatur, gambar animasi maupun media informasi di media cetak atau media sosial.Siswa membuat karya sebaik Mungkin di rumah setelah di berikan pengumuman oleh guru, dalam 1 kelas guru memperbolehkan lebih dari satu siswa membuat karya tersebut sesuai dengan minat dan bakat mereka, sehingga mereka dapat berfikir kreatif pada karya mereka, setelah karya yang di buat oleh siswa, pada karya yang dihasilkan mereka di izinkan menggunakan inisial nama, nama pena atau nama samaran yang dapat di tulis, setelah selesai langsung di bawa kesekolah, dan di serahkan kepada Anggota OSIS.Anggota Osis Akan membuat meletakkan karya tersebut ke dalam Amplop, dan anggota ossis akan bertanya pada siswa tersebut karya apa yang mereka hasilkan, sehingga anggota osis akan membuat klue atau petunjuk mengenai karya tersebut dan memasukan karya yang telah dibuat kedalam Mading Rahasia tersebut serta meletakkan klu atau petunjuk isi dari amplop yang berisi karya siswa tersebut.Setelah semua selesai anggota osis akan memasukkan karya tersebut ke dalam amplop yang tertempel di mading, dan mengganti karya yang sudah tertempel minggu lalu, jadi setiap satu minggu sekali, mading rahasia tersebut ter update dengan karya siswa yang terbaru setiap minggunya, sehingga minat dapat meningkatkan minat siswa dalam membaca, dan siswa juga dapat menggali potensi, kreatifitas, dan ber ekspresi pada bakat yang ada dalam diri mereka. Siswa juga tidak perlu malu karena karya di rahasiakan yang menciptakan nya apabila siswa memiliki rasa tidak percaya diri pada karya yang dibuat. Pada am

Read More

Galery Produk & Inovasi

Foto Inovasi

Berikut gambaran produk dan Inovasi yang di kembangkan olah Sekolah

Read More

Vidio Inovasi & Produk

Berikut Vidio produk dan Inovasi yang di kembangkan olah Sekolah

Read More

Inovasi Guru

Berikut Produk dan Inovasi yang di kembangkan olah guru

Learn More

Naskah Inovasi

Proses Pembuatan MARAH (Mading Rahasia)Guru yang mendapatkan tugas tambahan sebagai walikelas pada hari senin mengambil kertas dalam kotak rahasia seperti undian dan memilih salah satu kertas yang berisi macam-macam karya yang harus dibuat oleh Siswa di rumah sampai hari jumat, seperti: Puisi, Pantun, Gambar, Teka-teki, pazle, potongan media surat kabar, kata-kata mutiara, kata motivasi, cerpen, cerita bergambar, karikatur, gambar animasi maupun media informasi di media cetak atau media sosial.Siswa membuat karya sebaik Mungkin di rumah setelah di berikan pengumuman oleh guru, dalam 1 kelas guru memperbolehkan lebih dari satu siswa membuat karya tersebut sesuai dengan minat dan bakat mereka, sehingga mereka dapat berfikir kreatif pada karya mereka, setelah karya yang di buat oleh siswa, pada karya yang dihasilkan mereka di izinkan menggunakan inisial nama, nama pena atau nama samaran yang dapat di tulis, setelah selesai langsung di bawa kesekolah, dan di serahkan kepada Anggota OSIS.Anggota Osis Akan membuat meletakkan karya tersebut ke dalam Amplop, dan anggota ossis akan bertanya pada siswa tersebut karya apa yang mereka hasilkan, sehingga anggota osis akan membuat klue atau petunjuk mengenai karya tersebut dan memasukan karya yang telah dibuat kedalam Mading Rahasia tersebut serta meletakkan klu atau petunjuk isi dari amplop yang berisi karya siswa tersebut.Setelah semua selesai anggota osis akan memasukkan karya tersebut ke dalam amplop yang tertempel di mading, dan mengganti karya yang sudah tertempel minggu lalu, jadi setiap satu minggu sekali, mading rahasia tersebut ter update dengan karya siswa yang terbaru setiap minggunya, sehingga minat dapat meningkatkan minat siswa dalam membaca, dan siswa juga dapat menggali potensi, kreatifitas, dan ber ekspresi pada bakat yang ada dalam diri mereka. Siswa juga tidak perlu malu karena karya di rahasiakan yang menciptakan nya apabila siswa memiliki rasa tidak percaya diri pada karya yang dibuat. Pada am
a) Sebagai sarana informasi.b) Sebagai media hiburan.c) Sarana untuk menjaga kekeluargaan dari anggota kelompok tertentu.d) Meningkatkan kreativitas penulis dan pembaca.e) Menciptakan sikap kritis terhadap masalah yang ditemukan, terutama masalah seputar proses belajar mengajar di sekolah.f) Meningkatkan wawasan akan keadaan sekolah yang dapat berguna bagi murid baru.g) Menumbuhkan kebiasaan membaca.
Beberapa manfaat yang diperoleh dari mading antara lain yaitu sebagai media komunikasi, wadah kreativitas, menambahkan kebiasaan membaca, pengisi waktu, melatih kecerdasan berpikir, melatih berorganisasi, dan mendorong latihan menulis.
MARAH ( MADING RAHASIA)
Read More

Artikel Guru

Subscribe Our Newsletter