disdikbud.kota@bandarlampungkota.go.id
" "
70001858
17
173
Rancang bangun Inovasi ini dilaksanakan dengan kerjasama semua pihak melihat kebutuhan dari sebuah media pembelajaran yang tepat dalam mengatasi masalah yang dihadapi siswa pada masa pandemi. Gaya belajar dan media yang tepat menjadi solusi bagi terciptanya pembelajaran yang baik di lingkungan SMPN 42 Bandar Lampung sehingga inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kemudian. Salah satu perubahan yang dilakukan adalah pemanfaatan teknologi berbasis Virtual Reality yang dilakukan dalam proses pembelajaran di kelas. Diawali dengan proses pemahaman dasar bagi guru-guru dalam pembuatan konten Virtual Reality yang akan diterapkan di kelas. Pendidik di era saat ini memang dituntut untuk selalu meningkatkan kompetensinya agar dapat memberikan pembelajaran yang lebih efektif. Salah satu kompetensinya yaitu kompetensi dalam penggunaan teknologi pendidikan. Kompetensi ini sangat penting dalam mendukung proses pembelajaran. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Dengan pembuatan konten Virtual Reality menggunakan Millealab inilah terjawab teknologi yang tepat untuk memberikan dampak / impact yang baik bagi siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Dengan konten pembelajaran itu, kemudian guru membuat konten pembelajaran Virtual Reality dengan pelajarannya masing-masing dan kemudian diterapkan di kelas sesuai dengan kebutuhan para siswa. Dengan penerapan penggunaan media pembelajaran Virtual Reality inilah siswa mampu meningkatkan pemahamannya dalam pembelajaran serta siswa lebih memiliki motivasi yang tinggi dalam mengikuti pembelajaran terutama saat situasi pandemi dengan gaya belajar yang monoton. Teknologi Virtual Reality ini menjawab keresahan para guru, orang tua, dan juga berbagai kalangan lainnya bahwa siswa lebih cenderung malas untuk mengikuti pembelajaran di kelas virtual atau di kelas secara tatap muka. Virtual Teknologi adalah salah satu media pembelajaran yang dapat di replikasi dimanapun dengan sistem pembuatan tanpa coding yang dapat mempermudah para guru dalam mendesain / membuat konten pembelajaran Virtual Reality dengan mudah. Pembelajaran dengan Virtual Reality akan memberikan suasana yang sebenarnya sebagaimana desain situasi yang ingin dibuat oleh guru tersebut. Misalkan jika guru menginginkan siswa untuk berada di lingkungan wisata hewan maka guru hanya cukup membuat sebuah konten pembelajaran VR yang didalamnya terdapat hewan-hewan langka di Indonesia dengan estetika dan imajinasi guru yang di tuangkan dalam virtual reality. Dengan begitu, pembiayaan juga akan dapat di tekan sehingga lebih dimaksimalkan pada sektor lainnya.
Read MoreJudul Artikel
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam accumsan lacus eget velit
Profession
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam accumsan lacus eget velit
Profession
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam accumsan lacus eget velit
Profession
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam accumsan lacus eget velit
Profession
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam accumsan lacus eget velit
Profession
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam accumsan lacus eget velit
Profession
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam accumsan lacus eget velit