Email

disdikbud.kota@bandarlampungkota.go.id

Telepon

0721 253752


SMP N 34 BANDAR LAMPUNG

Akreditasi

" B "

NPSN

69947561

Jumlah Guru

53

Jumlah Siswa

662

Kata Pengantar

Keberhasilan pembelajaran pada saat PTM terbatas dapat diukur dari sejauh mana para pendidik melaksanakan proses pembelajaran tersebut.. Sebagai salah satu komponen dalam pembelajaran, model pembelajaran memegang peranan penting dalam kegiatan pembelajaran. Model pembelajaran yang disusun dengan baik sangat berperan bagi pendidik untuk meningkatkan proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Di dalam kelas mempunyai peranan utama bagi pendidk dalam proses pembelajaran, karena peserta didik karena kemajuan teknologi yang sedang berkembang sangat berperan bagi pendidik untuk meningkatkan proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Sehingga pendidik UPT SMP Negeri 34 Bandar Lampung, rumpun mata pelajaran Bahasa Inggris melakukan pengembagan berupa inovasi dalam pembelajaran. Selama ini dalam menggunakan model-model pembelajaran hanya monoton saja. Langkah-langkah model discovery learning seperti: stimulasi, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian dan penarik kesimpulan, biasanya tahapan model tersebut hanya dilaksanakan biasa saja. Untuk itu rumpun mata pelajaran bahasa Inggris melakukan inovasi kemudian di sosialisasikan kepada mata pelajaran lainnya. Hal ini bertujuan pada saat PTM terbatas memberikan inovasi,yakni model pembelajaran discovery learning yang mana pada tahapnya terdapat link materi menggunakan microsoft sway. Discovery learning adalah model pembelajaran yang menekankan proses pembelajaran pada peserta didik dan pengalaman belajar secara aktif yang akan membimbing peserta didik untuk menemukan dan mengemukakan gagasan terkait topik yang dipelajari. Sehingga pendidik mata pelajaran bahasa Inggris. Oleh karena itu, pendidik menyisipkan microsoft sway untuk mendukung mengembangkan model pembelajaran discovery learning. Disini peserta didik klik link yang di berikan oleh pendidik, kemudian dalam slide tersebut terdapat materi, video serta penjelasan mengenai materi. Inovasi dalam pengembangan model pembelajaran discovery learning dengan menggunakan sintak-sintaknya kemudian pada sintak yang ketiga pengumpulan data menyisipkan link microsoft sway yang bisa di akses lansung oleh pesertta didik yang didalamnya terdapat materi serta dari penjelasan pelajaran yang di siapakan oleh pendidik. Untuk di sini materinya kami menyiapkan dari mata pelajaran bahasa Inggris. Penggunaan gawai microsoft sway tersebut mempunyai alasan tersendiri, bagi penulis gawai tersebut dapat di pergunakan secara fleksibel. Gawai tidak perlu di download melalui playstore dan pendidk mencetak bagi peserta didik yang mempunyai kendala tidak mempunyai paket data. Sehingga pada saat PTM terbatas peserta didik tidak terjadinya learning loss. Sebelumnya learning loss terjadi pada peserta didik karana adanya pandemi covid-19. Kemudian untuk inovasi tersebut di lanjutkan dalam perlombaan best practice apresiasi GTK tahun 2021, meskipun belum berhasil.

Read More

Galery Produk & Inovasi

Foto Inovasi

Berikut gambaran produk dan Inovasi yang di kembangkan olah Sekolah

Read More

Vidio Inovasi & Produk

Berikut Vidio produk dan Inovasi yang di kembangkan olah Sekolah

Read More

Inovasi Guru

Berikut Produk dan Inovasi yang di kembangkan olah guru

Learn More

Naskah Inovasi

Keberhasilan pembelajaran pada saat PTM terbatas dapat diukur dari sejauh mana para pendidik melaksanakan proses pembelajaran tersebut.. Sebagai salah satu komponen dalam pembelajaran, model pembelajaran memegang peranan penting dalam kegiatan pembelajaran. Model pembelajaran yang disusun dengan baik sangat berperan bagi pendidik untuk meningkatkan proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Di dalam kelas mempunyai peranan utama bagi pendidk dalam proses pembelajaran, karena peserta didik karena kemajuan teknologi yang sedang berkembang sangat berperan bagi pendidik untuk meningkatkan proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Sehingga pendidik UPT SMP Negeri 34 Bandar Lampung, rumpun mata pelajaran Bahasa Inggris melakukan pengembagan berupa inovasi dalam pembelajaran. Selama ini dalam menggunakan model-model pembelajaran hanya monoton saja. Langkah-langkah model discovery learning seperti: stimulasi, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian dan penarik kesimpulan, biasanya tahapan model tersebut hanya dilaksanakan biasa saja. Untuk itu rumpun mata pelajaran bahasa Inggris melakukan inovasi kemudian di sosialisasikan kepada mata pelajaran lainnya. Hal ini bertujuan pada saat PTM terbatas memberikan inovasi,yakni model pembelajaran discovery learning yang mana pada tahapnya terdapat link materi menggunakan microsoft sway. Discovery learning adalah model pembelajaran yang menekankan proses pembelajaran pada peserta didik dan pengalaman belajar secara aktif yang akan membimbing peserta didik untuk menemukan dan mengemukakan gagasan terkait topik yang dipelajari. Sehingga pendidik mata pelajaran bahasa Inggris. Oleh karena itu, pendidik menyisipkan microsoft sway untuk mendukung mengembangkan model pembelajaran discovery learning. Disini peserta didik klik link yang di berikan oleh pendidik, kemudian dalam slide tersebut terdapat materi, video serta penjelasan mengenai materi. Inovasi dalam pengembangan model pembelajaran discovery learning dengan menggunakan sintak-sintaknya kemudian pada sintak yang ketiga pengumpulan data menyisipkan link microsoft sway yang bisa di akses lansung oleh pesertta didik yang didalamnya terdapat materi serta dari penjelasan pelajaran yang di siapakan oleh pendidik. Untuk di sini materinya kami menyiapkan dari mata pelajaran bahasa Inggris. Penggunaan gawai microsoft sway tersebut mempunyai alasan tersendiri, bagi penulis gawai tersebut dapat di pergunakan secara fleksibel. Gawai tidak perlu di download melalui playstore dan pendidk mencetak bagi peserta didik yang mempunyai kendala tidak mempunyai paket data. Sehingga pada saat PTM terbatas peserta didik tidak terjadinya learning loss. Sebelumnya learning loss terjadi pada peserta didik karana adanya pandemi covid-19. Kemudian untuk inovasi tersebut di lanjutkan dalam perlombaan best practice apresiasi GTK tahun 2021, meskipun belum berhasil.
Selama ini dalam kegiatan proses pembelajaran penggunaan model pembelajaran monoton tidak terdapat suatu inovasi yang di lakukan. Diharapkan peserta didik pada langkah ketiga pada model pembelajaran discovery learning yakni mengumpulkan data berkolaborasi dalam menyelesaikan masalah dengan model pembelajaran tersebut melalui link pembelajaran dengan menggunakan microsoft sway pada pembelajaran PTM terbatas menciptakan kondisi kelas yang aktif dan menyenangkan. Dari melihat tanyangan beberapa video yang di tampilkan oleh pendidik di dalam link tersebut. Model pembelajaran penemuan (discovery learning) merupakan suatu model pembelajaran yang mengaitkan permasalahan yang terjadi di dunia nyata. Dan tayangan video pada link microsoft sway berkaitan dengan fenomena yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
Dapat memotivasi pendidik untuk meningkatkan kemampuan pendidik menciptakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif dan efektif dan menyenangkan yang melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran, sehingga tujuan dalam pembelajaran dapat tercapai secara maksimal serta memberikan warna dalam pembelajaran sehingga terhindar dari kejenuhan.
Menambah pengetahuan, wawasan bagi pendidik bahwasanya dalam menerapkan model-model pembelajaran di perlukan kreativitas. Serta hasil model pembelajaran discovery learning berbasis microsoft sway di tuangkan dalam modul pembelajaran bahasa Inggris. Dan juga inovasi tersebut dapat ikut serta dalam best practice apresiasi GTK tahun 2021.
Read More

Artikel Guru

Subscribe Our Newsletter