Email

disdikbud.kota@bandarlampungkota.go.id

Telepon

0721 253752


SMP NEGERI 42 BANDAR LAMPUNG

Akreditasi

" "

NPSN

70001858

Jumlah Guru

17

Jumlah Siswa

173

Kata Pengantar

Rancang bangun Inovasi ini dilaksanakan dengan kerjasama semua pihak melihat kebutuhan dari sebuah media pembelajaran yang tepat dalam mengatasi masalah yang dihadapi siswa pada masa pandemi. Gaya belajar dan media yang tepat menjadi solusi bagi terciptanya pembelajaran yang baik di lingkungan SMPN 42 Bandar Lampung sehingga inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kemudian. Salah satu perubahan yang dilakukan adalah pemanfaatan teknologi berbasis Virtual Reality yang dilakukan dalam proses pembelajaran di kelas. Diawali dengan proses pemahaman dasar bagi guru-guru dalam pembuatan konten Virtual Reality yang akan diterapkan di kelas. Pendidik di era saat ini memang dituntut untuk selalu meningkatkan kompetensinya agar dapat memberikan pembelajaran yang lebih efektif. Salah satu kompetensinya yaitu kompetensi dalam penggunaan teknologi pendidikan. Kompetensi ini sangat penting dalam mendukung proses pembelajaran. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Dengan pembuatan konten Virtual Reality menggunakan Millealab inilah terjawab teknologi yang tepat untuk memberikan dampak / impact yang baik bagi siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Dengan konten pembelajaran itu, kemudian guru membuat konten pembelajaran Virtual Reality dengan pelajarannya masing-masing dan kemudian diterapkan di kelas sesuai dengan kebutuhan para siswa. Dengan penerapan penggunaan media pembelajaran Virtual Reality inilah siswa mampu meningkatkan pemahamannya dalam pembelajaran serta siswa lebih memiliki motivasi yang tinggi dalam mengikuti pembelajaran terutama saat situasi pandemi dengan gaya belajar yang monoton. Teknologi Virtual Reality ini menjawab keresahan para guru, orang tua, dan juga berbagai kalangan lainnya bahwa siswa lebih cenderung malas untuk mengikuti pembelajaran di kelas virtual atau di kelas secara tatap muka. Virtual Teknologi adalah salah satu media pembelajaran yang dapat di replikasi dimanapun dengan sistem pembuatan tanpa coding yang dapat mempermudah para guru dalam mendesain / membuat konten pembelajaran Virtual Reality dengan mudah. Pembelajaran dengan Virtual Reality akan memberikan suasana yang sebenarnya sebagaimana desain situasi yang ingin dibuat oleh guru tersebut. Misalkan jika guru menginginkan siswa untuk berada di lingkungan wisata hewan maka guru hanya cukup membuat sebuah konten pembelajaran VR yang didalamnya terdapat hewan-hewan langka di Indonesia dengan estetika dan imajinasi guru yang di tuangkan dalam virtual reality. Dengan begitu, pembiayaan juga akan dapat di tekan sehingga lebih dimaksimalkan pada sektor lainnya.

Read More

Galery Produk & Inovasi

Foto Inovasi

Berikut gambaran produk dan Inovasi yang di kembangkan olah Sekolah

Read More

Vidio Inovasi & Produk

Berikut Vidio produk dan Inovasi yang di kembangkan olah Sekolah

Read More

Inovasi Guru

Berikut Produk dan Inovasi yang di kembangkan olah guru

Learn More

Naskah Inovasi

Rancang bangun Inovasi ini dilaksanakan dengan kerjasama semua pihak melihat kebutuhan dari sebuah media pembelajaran yang tepat dalam mengatasi masalah yang dihadapi siswa pada masa pandemi. Gaya belajar dan media yang tepat menjadi solusi bagi terciptanya pembelajaran yang baik di lingkungan SMPN 42 Bandar Lampung sehingga inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kemudian. Salah satu perubahan yang dilakukan adalah pemanfaatan teknologi berbasis Virtual Reality yang dilakukan dalam proses pembelajaran di kelas. Diawali dengan proses pemahaman dasar bagi guru-guru dalam pembuatan konten Virtual Reality yang akan diterapkan di kelas. Pendidik di era saat ini memang dituntut untuk selalu meningkatkan kompetensinya agar dapat memberikan pembelajaran yang lebih efektif. Salah satu kompetensinya yaitu kompetensi dalam penggunaan teknologi pendidikan. Kompetensi ini sangat penting dalam mendukung proses pembelajaran. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Dengan pembuatan konten Virtual Reality menggunakan Millealab inilah terjawab teknologi yang tepat untuk memberikan dampak / impact yang baik bagi siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Dengan konten pembelajaran itu, kemudian guru membuat konten pembelajaran Virtual Reality dengan pelajarannya masing-masing dan kemudian diterapkan di kelas sesuai dengan kebutuhan para siswa. Dengan penerapan penggunaan media pembelajaran Virtual Reality inilah siswa mampu meningkatkan pemahamannya dalam pembelajaran serta siswa lebih memiliki motivasi yang tinggi dalam mengikuti pembelajaran terutama saat situasi pandemi dengan gaya belajar yang monoton. Teknologi Virtual Reality ini menjawab keresahan para guru, orang tua, dan juga berbagai kalangan lainnya bahwa siswa lebih cenderung malas untuk mengikuti pembelajaran di kelas virtual atau di kelas secara tatap muka. Virtual Teknologi adalah salah satu media pembelajaran yang dapat di replikasi dimanapun dengan sistem pembuatan tanpa coding yang dapat mempermudah para guru dalam mendesain / membuat konten pembelajaran Virtual Reality dengan mudah. Pembelajaran dengan Virtual Reality akan memberikan suasana yang sebenarnya sebagaimana desain situasi yang ingin dibuat oleh guru tersebut. Misalkan jika guru menginginkan siswa untuk berada di lingkungan wisata hewan maka guru hanya cukup membuat sebuah konten pembelajaran VR yang didalamnya terdapat hewan-hewan langka di Indonesia dengan estetika dan imajinasi guru yang di tuangkan dalam virtual reality. Dengan begitu, pembiayaan juga akan dapat di tekan sehingga lebih dimaksimalkan pada sektor lainnya.
Tujuan dari inovasi ini antara lain: (1) Guru dapat membuat konten pembelajaran VR dengan baik, (2) Meningkatnyan motivasi belajar siswa, (3) Pemahaman siswa menigkat, (4) Terciptanya suasana yang menyenangkan
Manfaat inovasi ini diharapkan dapat : (1) Semua guru dapat lebih kreatif dalam memanfaatkan teknologi terutama teknologi era society 5.0 yaitu virtual reality technologi, (2) Dengan virtual reality, anggaran biaya pembelian bahan-bahan dan alat simulasi dapat dihemat, (3) Terjalinnya kemitraan antara sekolah dengan Millealab selaku platform VR, (4) Memberikan dampak positif bagi siswa dengan media pembelajaran yang diberikan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, (5) Siswa dapat meningkatkan pemahamannya mengenai pembelajaran yang diberikan
Hasil Inovasi ini berupa konten pembelajaran VR sebagai media pembelajaran berbasis Virtual Reality.
Read More

Artikel Guru

Subscribe Our Newsletter